KAI Daop 1 Jakarta Siap Sukseskan ARCEOs’ Conference Ke-44

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap menyukseskan penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-5 September 2024, di Bandung, Indonesia.

Konferensi ini akan dihadiri oleh delapan operator kereta api se-Asia Tenggara, yaitu Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja), Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).

ARCEOs’ Conference ini direncanakan akan turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

Ixfan Hendriwintoko selaku Manager Humas Daop 1 Jakarta, melansir pernyataan Hadis Surya Palapa, Direktur Niaga KAI selaku ketua Organizing Committee ARCEOs’ Conference. Ia mengatakan bahwa konferensi ini tidak hanya akan menjadi platform untuk berbagi praktik-praktik terbaik dalam operasi dan pemeliharaan, transformasi digital, serta komersial perkeretaapian, tetapi juga akan memberikan kesempatan kepada para delegasi untuk menjajal Kereta Cepat pertama di ASEAN, Whoosh, Light Rail Transit (LRT), dan KA Panoramic.

“Dengan beroperasinya Whoosh, kereta cepat pertama di ASEAN, serta kereta-kereta hasil inovasi lainnya seperti Compartemen, Panoramic, New Generation, dan Dining on Train, diharapkan KAI bisa menjadi benchmark bagi operator-operator kereta api di kawasan ASEAN,” tutur Ixfan.

Menurut Ixfan, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan bahwa kegiatan tersebut mengusung tema “Driving Sustainability with Digital Innovation”. ARCEOs’ Conference tahun ini akan berfokus pada pembahasan perkembangan perkeretaapian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, didukung oleh transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan.

“Akan ada 103 peserta yang datang dari delapan negara mengikuti kegiatan ini. Selain merasakan kemajuan transportasi perkeretaapian Indonesia, peserta juga akan diajak ke tempat-tempat wisata alam dan budaya seperti Gunung Tangkuban Perahu, NuArt Sculpture Park Bandung, bermain alat musik khas Jawa Barat bersama Saung Angklung Udjo, serta mengunjungi bangunan bersejarah di Jawa Barat, yaitu Gedung Sate,” tambahnya.

Para peserta akan diajak berdiskusi mengenai perkeretaapian dengan cara yang berbeda, melalui momen-momen menyenangkan yang akan semakin mempererat hubungan antar delegasi antarnegara.

ARCEOs’ Conference bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai kereta sebagai simbol perhubungan yang menghubungkan delapan negara untuk berkembang bersama. Kami berharap konferensi ini dapat membahas cara mewujudkan pengelolaan kereta sebagai solusi untuk ekosistem transportasi yang berkembang pesat, dengan memperhatikan aspek SDGs serta mengembangkan digitalisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Rangkaian acara 44th ARCEOs’ Conference, meliputi:
– CEO Meeting
– Sharing session dengan jajaran pakar
– Kegiatan sosial penanaman pohon
– Memperkenalkan Bandung sebagai kota wisata yang terkoneksi dengan KAI

Event ini menjadi momentum untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan mengajak delegasi mendukung program lingkungan dengan penanaman pohon di Stasiun Halim.

Selain itu, untuk mendukung lebih lanjut pengimplementasian kelestarian lingkungan dan inovasi digital, KAI akan menerjunkan armada kendaraan listrik selama penyelenggaraan ARCEOs’ Conference, memberikan suvenir berbahan ramah lingkungan, dan menggunakan aplikasi sebagai platform informasi selama kegiatan.

KAI telah mempersiapkan acara ini dengan matang, termasuk melaksanakan *courtesy visit* ke semua negara peserta sebagai bagian dari persiapan. Selain itu, ARCEOs’ Conference merupakan hal penting karena akan melibatkan para ahli dan praktisi dari berbagai negara.

“Dengan menjadi tuan rumah, Indonesia dapat menampilkan pencapaian dan potensi dalam pengembangan perkeretaapian serta meningkatkan kolaborasi internasional antarnegara,” tutupnya. (red)

Sumber : KAI Daop 1 Jakarta

Share.

About Author

Leave A Reply