Polrestabes Makassar Gelar Simulasi Sispamkota Pemilu 2024

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR –  Kepolisian Resor Kota Besar” (Polrestabes) Makassar menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pemilu 2024. 

Simulasi yang berlangsung di lapangan Trans Studio Mall Metro Tanjung Bunga Makassar, Rabu (21/8)

Dalam simulasi tersebut, polisi harus menangani massa yang melakukan protes, menunjukkan kesiapan dalam menghadapi situasi genting selama masa kampanye.

Tampak Kapolrestabes Makassar menyaksikan langsung Skenario simulasi yang menggambarkan situasi kerusuhan dan unjuk rasa yang dipicu oleh penolakan terhadap salah satu calon kepala daerah serta dugaan kecurangan dalam proses Pilkada. 

Massa yang tidak puas kemudian terlibat bentrokan dengan petugas kepolisian. Untuk mengatasi situasi yang semakin tidak terkendali, pasukan pleton dalmas awal dan pleton negosiator dikerahkan. 

Saat kerusuhan meningkat dengan aksi pembakaran dan pelemparan batu, kendaraan taktis Armoured Water Cannon (AWC) dari Sat Samapta dikerahkan untuk membubarkan massa.

Ketika situasi makin memanas, Patmor Sabhara dikerahkan dan menggunakan tembakan gas air mata untuk memecah konsentrasi massa, sehingga kondisi akhirnya berhasil dikendalikan kembali.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Dr. Mokhamad Ngajib, SIK, MH, menegaskan bahwa pelaksanaan simulasi Sispamkota ini merupakan bagian penting dari persiapan satuan pengamanan untuk menghadapi Pilkada 2024 di Kota Makassar

“Latihan ini diharapkan mampu memastikan keamanan selama Pilkada berlangsung, serta satuan pengamanan siap menghadapi segala potensi gangguan yang mungkin terjadi, “ujarnya seusai acara.

Selain itu, alumni Akpol 2995 ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan anggota Polri untuk bersama-sama menciptakan kondisi Pemilu 2024 yang aman.

TIAR

Share.

About Author

Leave A Reply