Misa Natal di Gereja Katedral Makassar Khidmat dan Semarak

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Perayaan Natal 2023, Gereja Katedral Keuskupan Agung Makassar (KAMS) Jl. Kajaolalido No.14, Kota Makassar menggelar Misa Natal 25 Desember 2023.

Perayaan dan pelaksanaan ibadah Natal di Gereja tersebut berlangsung khidmat dan penuh sukacita. Ibadah yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Makassar Mgr Johannes Liku Ada’ dengan membawa pesan Natal yang mendalam dan istimewa.

Pria kelahiran Tanah Toraja ini, dalam memimpin pelaksanaan ibadah Misa yang diikuti 700 orang jemaat menyerukan pesan damai, sesuai tema Natal tahun ini yaitu ‘Kemuliaan Kepada Tuhan dan Damai di Bumi dengan tiga pesan damai yakni damai pada Pemilu 2024, ekologis dan media sosial’.

Ia menyebutkan, jika dirinya fokus pada yang disepakati bersama oleh Konferensi Wali Gereja (KWI) dan Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) yang ada di Indonesia yakni ‘Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi’.

Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.

“Jadi pada prinsipnya, Natal berarti kita harus garis bawahi berkat yang kita terima dari risalah. Dimana, berkat itu begitu besar kasih Allah kepada dunia ini, sehingga ia mengaruniakan putranya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal,” ujarnya.

Selain itu, untuk natal tahun ini bagaimana memelihara, bagaimana merawat bumi ini sebagai umat bersama. Untuk itu, ia diminta untuk memelihara lingkungan hidup dan menjauhkan diri dari segala bentuk manipulasi yang merusak lingkungan hidup.

Di tempat yang sama, Pastor Anderas Rusdyn Ugiwan mengatakan, bahwa perayaan Natal tahun ini, tentu sangat berbeda dengan tahun sebelumnya dimana, tahun sebelumnya masih pandemi menuju endemi.

Meskipun, lanjut Pr. Andreas Rusdyn, kasus covid-19 mulai bermunculan lagi, namun yang disadari  dan yang terpenting adalah menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) masing-masing saja. “Dan bagi yang merasa flu, atau bergejala silahkan memakai masker,” ujar Pastor yang kerap disapa Rusdin, ini Senin (25/12)

Ia menambahkan, jika umat katolik diharap terlibat aktif dalam Pemilihan Umum (Pemilu) nanti dan mereka diajak untuk mencermati dan menghindari yang namanya politik yang memecah belah, politik yang mementingkan kuasa, dan merugikan masyarakat.

Hal ini menurutnya untuk mencoba menyadarkan kepada umat kristiani melalui pesan natal bersama PGI dan KWI, yang merupakan lembaga tertinggi dari gereja-gereja katolik dan gereja-gereja kristiani lainnya.

“Kami juga mengajak seluruh umat kristiani untuk mengirimkan pesan-pesan yang sifatnya membawa damai, kabar-kabar yang baik, dan bukan sebaliknya mengabarkan berita kebencian, berita bohong (Hoax) dan itu yang bisa picu pecah belah kita dalam beragama,” imbuhnya. 

Diketahui Puluhan aparat gabungan TNI Polri juga terlihat melakukan pengamanan ketat dengan memeriksa barang bawaan jemaat serta mesti melalui metal sebelum masuk di pintu gerbang guna mengikuti ibadah Misa di gereja setempat.

Sebelum pelaksanaan Misa Natal, tim Gegana dari Koprs Brimob Polda Sulsel telah melakukan sterilisasi di sejumlah titik gereja setempat.

TIAR

Share.

About Author

Leave A Reply