Implementasi Kurikulum Merdeka P5, SMAN 1 Tanah Jawa Gelar Studi Lapangan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – Siswa SMAN 1 Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun lakukan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka dengan menggelar studi lapangan yang merajuk tema, “Mengenal kulturasi etnis budaya yang ada di Kota Pematang Siantar”.

Kepala SMAN 1 Tanah Jawa, Ramayanti Lubis, SP.d melalui guru bidang studi sejarah, Heri Setyawan mengatakan, bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan ciri khas dari kurikulum merdeka. Secara muatan, projek harus mengacu pada capaian Profil Pelajar Pancasila sesuai capaian peserta didik, dan tidak harus di kaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.

“Didasari kurikulum merdeka, siswa praktek aktif dan terjun langsung kelapangan melihat dan mengenal kulturasi etnis budaya khususnya yang ada di kota pematang Siantar.” kata Heri, pada Rabu (27/9/2023).

Menurut Heri, tujuan pelaksanaan studi lapangan tersebut adalah dalam rangka pengembangan kurikulum merdeka.

“Sebanyak 158 siswa kelas XI IPS yang diambil per kelas selama lima hari ke depan menggelar studi lapangan dengan mengunjungi vihara, kuil dan museum yang ada di kota pematang siantar”ungkapnya.

Adapun tempat-tempat yang dikunjungi seperti Gurdwara Shree Guru Nanak Devi Ji, Kuil Hindu Shri Mariamman, Vihara Samiddha Bhagya, Vihara Vidya Maitreya, Vihara Avalokitesvara dan Museum Simalungun.

Dia menambahkan, dengan kegiatan ini siswa lebih berkembang, mengacu pada toleransi agama, Sebab siswa tidak satu agama saja.

“Kedepannya kegiatan ini dapat berkesinambungan dan hasil yang didapat oleh para siswa dapat dikembangkan juga disosialisasikan terhadap lingkungan sekitarnya”pungkas Heri Setyawan.

TONI.

Share.

About Author

Leave A Reply