Membanggakan, SMKN 1 Pematang Siantar Ditetapkan Sebagai SMK Pusat Keunggulan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – SMKN 1 Pematang Siantar ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) Skema Reguler Baru Tahap I 2023. Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 60/D/O/2023 tertanggal 10 Agustus 2023. Hal ini disampaikan Kepala SMKN 1 Pematang Siantar, Beslon Samosir, SPd.MPd., pada Senin (14/8/23).

“Puji Tuhan, dengan melewati berbagai tantangan yang telah dilalui, akhirnya SMK Negeri 1 Pematang Siantar ditetapkan menjadi SMK Pusat Keunggulan pada bidang Teknologi Informasi yang ditetapkan melalui surat keputusan dirjen pendidikan vokasi Kemendikbud ristek”kata Beslon pada Senin,(14/8/23).

Dia juga mengatakan, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek mengadakan skema reguler baru SMK PK, yakni pemadanan dukungan yang dinilai mampu menjawab kebutuhan industri yang mengedepankan semangat kolaborasi pendidikan vokasi dengan industri. Dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha.

Dalam kesempatan itu, Beslon mengucapkan terimakasih atas kinerja keras seluruh guru dan stakeholder lainya. Tak lupa juga ia berterima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara serta kepada Kepala Cabang Dinas Wilayah VI yang telah memberikan dukungan dan memfasilitasi rangkaian tahap demi tahap pemenuhan kualifikasi SMK Negeri 1 Pematang Siantar menuju SMK PK hingga ditetapkannya sebagai SMK PK.

“Kami seluruh keluarga besar SMK Negeri 1 Pematang Siantar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memotivasi dan mendukung sehingga SMK Pusat Keunggulan ini dapat dicapai,” ucapnya.

Dia menambahkan, program SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

“Harapan kita ke depan dengan ditetapkannya SMK Negeri 1 Pematang Siantar sebagai SMK PK skema reguler baru tahun 2023 dapat terpenuhi standar sarana dan prasarana sekolah untuk masing-masing kompetensi keahlian yang berstandar industri serta senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia kerja juga mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan dengan menyelenggarakan program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan sebagai modal satuan pendidikan bermutu”ungkapnya.

TONI.

Share.

About Author

Leave A Reply