Renja BKD, Fokus Pembenahan Program Kerja

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana menerangkan, bahwa dengan kegiatan Forum Rencana Kerja perangkat daerah ini, pihaknya terus berupaya untuk pembenahan program kerja, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok menetapkan lima isu strategis sebagai fokus utama di tahun 2021. Seperti, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas pelayanan pajak, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“ Selain itu juga, pengelolaan keuangan dan aset yang transparan akuntabel, terakhir adalah pembangunan dan pengembangan teknologi informasi yang terintegrasi,” ujar Nina, Selasa (18/2), usai kegiatan Rencana Kerja Perangkat Daerah BKD Kota Depok, bertema “Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Melalui Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak” di Hotel Savero, Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, bahwa dengan kelima isu strategis tersebut, untuk merealisasikannya ada beberapa cara segera dilakukannya. Seperti, dengan memaksimalkan nya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mempercepat pelayanan. Karena, memang kami menyadari dengan jumlah SDM BKD sangat terbatas, namun akan terus kita optimalkannya.

” Sedangkan dari sistem pengelolaan keuangan tersebut, hingga kini sudah berbasis online, baik dari perencanaan hingga penganggaran. Bahkan juga dengan laporan pertanggungjawabannya,” tutur Nina.

Nina menambahkan, bahwa untuk pajak pendapatan daerah, sudah terintegrasi dan bisa dilihat secara langsung (real time). Jadi, dengan berbagai usaha tersebut merupakan bagian dari proses percepatan pelayanannya.

“ Jadi selain itu juga, kami sudah terapkan sistem pencatat omzet restoran atau pelaku usaha yang bisa dilihat langsung oleh BKD. Artinya, dengan segala upaya ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada Perangkat Daerah terkait maupun masyarakat. Diharapkan ditahun depan akan lebih kita pertajam,” pungkasnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply