PWI Depok Desak Polisi Tangkap Para Pelaku Pengeroyokan dan Teror Wartawan di Kabupaten Bogor

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK — Kembali terjadi aksi kekerasan yang di alami wartawan. Kali ini korban kekerasan terhadap wartawan dialami seorang anggota PWI Kabupaten Bogor yakni Zarkasi yang merupakan wartawan ziber24jam.com, Jumat (11/10/2024).

Sungguh mirisnya lagi, peristiwa penganiayaan terhadap korban terjadi tidak jauh dari kantor Sekretariat PWI Kabupaten Bogor, di Gedung Graha Wartawan, Cibinong Bogor, Jawa Barat.

Tak hanya itu, sebelumnya kantor PWI Kabupaten Bogor juga mendapatkan teror dengan pelemparan batu yang menyebabkan kaca kantor PWI Kabupaten Bogor pecah pada Sabtu (28/9/2024), pukul 20.20 WIB.

Atas kedua peristiwa tersebut PWI Kota Depok mengecam kekerasan dan teror terhadap wartawan di Kabupaten Bogor dan mendesak polisi menangkap para pelakunya.

“PWI Kota Depok kecam dan kutuk perbuatan pengecut, yang melakukan kekerasan dan teror terhadap wartawan. Polisi harus segera menangkap para pelakunya,” ujar Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah, Rabu (16/10/2024), di Kantor PWI Kota Depok.

Ia menjelaskan, bahwa berdasarkan keterangan yang diperoleh pengurus PWI Kabupaten Bogor, pengeroyokan itu dilakukan oleh para terduga pelaku berjumlah lebih dari satu orang. Seusai melakukan pengeroyokan para terduga pelaku kabur.

“Jadi, tindakan kekerasan terhadap wartawan adalah tindakan biadab. Sebab wartawan bekerja dilindungi Undang undang dalam hal ini UU 40/1999, ancaman hukumannya cukup berat,” jelas Rusdy.

Sementara itu korban Zarkasi mengakui, bahwa pelaku penganiayaan berjumlah lima orang. Kejadian bermula ketika dirinya tengah mengendarai mobil dari arah lampu merah PDAM Kabupaten Bogor menuju Kantor PWI Kabupaten Bogor.

Namun di tengah perjalanan, kendaraan yang dikemudikannya dipepet dua motor dari sisi kanan dan kiri.

Kemudian, saat hendak belok kiri ke Kantor PWI Kabupaten Bogor, 2 pengendara motor muncul. Satu motor berada di sisi kanan dan satu lagi di kiri.

Pengendara motor di sisi kiri terjatuh dan pengendara motor di sisi kanan menghadang mobil yang dikemudikannya,” ujar Zarkasi.

Sambung Zarkasi, mereka memaksanya untuk mengantarkan pengendara yang jatuh ke dalam mobil. “Dirinya, khawatir terhadap keselamatannya karena dalam posisi seorang diri mencoba mencari perlindungan ke rekan-rekanya yang sedang ada, di Kantor PWI Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Ia juga menceritakan, bahwa lima orang pelaku itu mengejarnya hingga ke halaman Kantor PWI Kabupaten Bogor dan memaksa dirinya kembali dan masuk ke dalam mobil untuk pergi bersama mereka. “Namun tidak berhasil, karena mendapat perlawan dari para Wartawan di kantor PWI Kabupaten Bogor,” tukas Zarkasi.

Zarkasi menambahkan, para pelaku kemudian kabur. Seusai peristiwa tersebut, Zarkasi bersama sejumlah rekan lainya melaporkan peristiwa ini ke k Markas Polres Bogor.

“Bahkan, sebelum peristiwa penganiaya itu, Kantor PWI Kabupaten Bogor juga dilempar batu dan material sejenisnya oleh orang tak dikenal. Pelemparan itu mengakibatkan kerusakan, sejumlah kaca gedung pecah,” tandasnya.

MAULANA

Share.

About Author

Leave A Reply