Prof Sunarto Terpilih Sebagai Ketua MA 2024-2029 Dalam Sidang Paripurna Istimewa

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Prof Sunarto terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) 2024-2029 dalam sidang paripurna Istimewa, yang dipimpin langsung Ketua MA Prof Dr. HM Syarifuddin, Rabu (16/10/2024).

Prof Sunarto terpilih dengan jumlah 30 suara, mengungguli 3 kandidat lainya dari jumlah 45 Hakim Agung yang memberikan hak pilihnya.

Dalam sambutannya, Ketua MA yang baru mengatakan dekdekan dan bersyukur atas terpilihnya dia sebagai Ketua MA. “Saya berdoa dan doa saya dikabulkan. Namun dalam doa saya meminta kepada Tuhan kiranya jabatan ini membawa kemaslahatan berikanlah kepada saya, tetapi kalau jabaman ini membawa ke mudaratan, berikanlah kepada orang lain,” ujar Prof Dr. Sunarto mengawali sambutannya.

Dia berterimakasih kapada ke 3 kompetitornya. “Inilah merupakan wujud demokrasi di Mahkamah Agung. Bukan untuk bersaing, namun untuk penekanan terhadap independensi di mahkamah agung. Dan kandidat adalah figure terbaik yang ada di Mahkamah Agung,” katanya.

Dia berjanji akan berupaya untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kesejahterahan hakim dan menguwujudkan Visi dan misis MA; diantaranya mengwujudkan meningkatkan krediblitas badan peradilan. Mempercepat atau meningkatakan akselerasi peradilan, Menjaga kepercayaan public.

“Kita Bersama-sama dalam meningkatkan kepercayaan public di semua tingkat peradilan. Menjaga trush peradilan! Seluruh pimpinan pimpinan MA menjadi role model hukum dan rotasi dan rekrutmen akan dilakukan sesuai merit point sehingga fungsi pengadilan kondisi ideal,” ungkapnya.

Untuk itu tambahnya, tetapi tanpa dibarengi kesejahterahan hakim, sebagaimana harapan yang belum terpenuhi saat ini, makanya perlunya adanya peningkatan pagu anggaran supaya bisa meningkatkan kesejahteraan.

“Kita akan melakukan Upaya-upaya guna meningkatkan kesejahterahan hakim dan dan pegawai peradailan dari Tingkat pertama sampai Tingkat tertinggi. Kita akan meloby Baik legislative maupun ekseskutif guna meningkatkan kinerja mahkama agung,” pungkasnya.

Prof. Dr. Syarifuddin selaku Pimpinan Sidang dan selaku Ketua MA mengucapkan selamat kepada Prof Dr. Sunarto SH MH yang teah terpilih sebagai Ketua MA 2024-2029.

“Selamat kepada Yang Mulia Prof. Dr. Sunarto. Semoga kedepan MA dibawah Prof Sunarto semakin maju. Mari kita berikan dukungan penuh. Jabatan bukanlah sekedar symbol tetapi menjadi tanggungjawab yang akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.

Share.

About Author

Leave A Reply