DPR Gelar Uji Kelayakan Herindra Calon Tunggal Kepala BIN

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dr. Hj. Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi S.Sos., berserta 4 wakilnya, Sufmi Dasco Ahmad, Cucun Ahmad Syamsurijal, Saan Mustopa dan Adies Kadir hadir di sidang uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra, di Ruang Komisi I Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (16/10/2024).

“(Fit and proper test) digelar tertutup ya,” kata Puan Maharani dikutif dari kumparan.com singkat sebelum masuk ke dalam ruang rapat, Rabu (16/10/2024).

Pelaksanaan uji kepatutat dan kelayakan (Fit and Proper Test) ini merupakan tindak lanjut dari surat Nomor R51 tanggal 10 Oktober dari Presiden Joko Widodo dalam rangka permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dimana, Surat ini diterima oleh DPR RI pada Kamis (10/10/2024) mengenai pengangkatan Kepala BIN yang baru.

Dalam surat itu, Presiden Jokowi hanya menyertakan nama Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra sebagai calon tunggal pengganti Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si., Ph.D., yang menjabat Kepala BIN sejak 9 September 2016.

“Nama Kepala BIN yang diusulkan adalah M. Herindra, Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024 merupakan Calon Tunggal,” tegas Puan.

Berikut adalah nama-nama anggota tim khusus pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN, yakni:
• Fraksi PDIP: Utut Adianto, Said Abdullah, Dolfie O.F.P
• Fraksi Golkar: Muhammad Sarmuji, Muktarudin, Sari Yuliati
• Fraksi Gerindra: Budi Satrio Djiwandono, Bambang Hariadi, Endipat Wijaya
• Fraksi Nasdem: Martin Manurung, Amelia Anggraina
• Fraksi PKB: Jazilul Fawaid, Muhammad Rano Al Fath
• Fraksi PKS: Jazuli Juwaini, Sukamta
• Fraksi PAN: Putri Zulkifli Hasan, Nazzarudin Dek Gam
• Fraksi Demokrat: Eddy Baskoro, Hinca Pandjaitan.

(KMPR/Rani)

Share.

About Author

Leave A Reply