Lima Tahun Kepemimpinan Erick Thohir Alat Berat PLN UIT JBB Tampil Prima di HUT Pertambangan dan Energi Ke-79

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Disaat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi (HUT PE) ke-79 Tahun 2024 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) turut juga berpartisipasi, melalui Pameran Alat Berat.

Pameran tersebut diikuti lebih dari 5.000 peserta sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT PE ke-79, dan dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, berkesempatan hadir dan meninjau alat berat milik PLN UIT JBB didampingi Asisten Manajer PDKB, Alat Berat, dan Mobile Substation PLN UIT JBB, Kelik Hary Pribadi. Darmawan Prasodjo mencoba langsung menaiki truck towing yang diperoleh pada pengadaan tahun 2023.

Darmawan Prasodjo mengapresiasi kehadiran tiga set alat berat, yaitu truck towing + spider crane berkapasitas 4 ton, truck towing + personal crawler lift dan mobile personal lift yang didukung oleh empat Unit Pelaksana Transmisi (UPT) PLN UIT JBB yaitu UPT Pulogadung, UPT Durikosambi, UPT Cikupa, dan UPT Gandul.

Mobilisasi alat berat dilakukan oleh Tim Fasilitas Pemeliharaan pada Rabu malam sehingga ketika ditampilkan oleh PLN UIT JBB, alat berat tersebut dalam kondisi prima dan siap beroperasi.

General Manager PLN UIT JBB, Jarot Setyawan, menjelaskan bahwa truck towing (truk derek) merupakan alat penunjang kelancaran operasional sistem ketenagalistrikan di bidang transmisi, yang digunakan untuk mengangkut alat berat, kendaraan, maupun mesin-mesin operasional.

Selain itu, ia melanjutkan, spider crane berfungsi sebagai alat angkut dan angkat barang-barang berat, material kerja, atau peralatan kerja di lapangan.

“Alat berat personal crawler lift berfungsi sebagai sarana untuk mengangkat orang pada main basket saat pekerjaan dilakukan di ketinggian hingga 18 meter, dengan kapasitas beban 200 kg,” ujar Jarot Setyawan melalui keterangan resminya, Senin (14/10/2024).

Jarot juga memberikan contoh penggunaan personal crawler lift, seperti untuk pekerjaan perbaikan konduktor rantas, penggantian klem, penggantian isolator, serta perbaikan titik panas (hotspot) dalam kondisi padam.

Selain itu, mobile personal lift juga berfungsi sebagai main basket untuk pekerjaan di ketinggian hingga 13,8 meter, dengan kapasitas beban maksimal 250 kg.

“PLN UIT JBB memastikan mobilisasi alat berat dilakukan secara aman dengan memperhatikan kondisi rute yang dilalui, serta telah mendapatkan izin jalan dari otoritas terkait. Pemeriksaan alat berat juga telah dilakukan sebelum dipindahkan untuk memastikan alat berat dalam kondisi baik. Pengemudi dan operator alat berat telah terlatih dan memahami prosedur keselamatan,” pungkasnya.

mul/red

Share.

About Author

Leave A Reply