Kembali Kebijakan Kemendikbud, Disdik Depok Gelar Sinkronisasi dan Validasi Data Dapodik 2024

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK — Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sebuah database pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Guna menjamin nama dan nomor induknya telah terdaftar. Maka, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar kegiatan bimbingan teknis Operator (Dapodik) bertajuk Sinkronisasi dan Validasi Data Dapodik 2024.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Disdik Kota Depok dan menghadirkan Nara sumber dari Pusdatin Kemendikbud dan Diskominfo Kota Depok, serta perwakilan pengawas, penilik serta operator pada jenjang pendidikan PAUD/TK dan SD di Kota Depok, berlangsung Kamis (22/8/2024), di Pesona Square Depok, Jawa Barat.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Disdik Kota Depok, Sutarno membenarkan, bahwa dasar dari kegiatan tersebut yakni, Permendikbudristek No 31 Tahun 2022 tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Surat Edaran Nomor: 6032/C/HK.04.01/2023 Tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Semester I Tahun 2023/2024.

Dan tujuan pelaksanaan tersebut ingin meningkatkan pemahaman operator, pentingnya kualitas data Dapodik, meningkatkan kualitas dan akurasi data Dapodik sehingga terhindar dari data-data yang bias.

“Selanjutnya, memperbaharui dan melengkapi data individual sekolah dengan aplikasi verifikasi dan validasi peserta didik (Verval PD) sehingga bebas dari invalid,” ujar Sutarno.

Ia menyebutkan, bahwa Dapodik merupakan urat nadi sekolah. Dapodik memuat semua data peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana sekolah.

“Jadi, semua berhubungan dengan kebijakan Kemendikbud. Kebijakan-kebijakan tersebut meliputi bantuan operasional sekolah (BOS), aneka tunjangan guru, bantuan sarana dan prasarana serta lainnya,” ucap Sutarno.

Sutarno menegaskan, bahwa bimbingan teknis operator Dapodik ditujukan untuk mewujudkan basis data pendidikan yang obyektif, sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang akuntabel, lengkap dan terpadu.

“Artinya, dari data yang dihasilkan juga representatif untuk memenuhi kebutuhan Disdik Kota Depok dsn pemangku kepentingan lainnya,” tandasnya.

MAULANA

Share.

About Author

Leave A Reply