UNM Kukuhkan 6 Profesor, Satu Diantaranya Alumni Asrama Mahasiswa Sawerigading Yogyakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) mengukuhkan enam profesor baru dalam sidang terbuka luar biasa bertempat di ruang teater, lantai 3 Menara Pinisi, Kampus UNM Gunung Sari Baru Makassar, Rabu (24/7/2024).

Pantauan RadarOnline, proses pengukuhan Guru besar Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam dihadiri Rektor UNM, Prof. Dr. H. Karta Jayadi, M.Sn, Ketua, Sekertaris, dan Anggota Senat Akademik, Dewan Professor, tamu undangan, serta keluarga besar dari Enam professor yang dikukuhkan.

Adapun Enam professor, masing-masing adalah:

1. Prof. Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D.
2. Prof. Drs. H.A.  Sukri Nyompa, S.H., M.Si., Ph.D.
3. Prof. Uca, S.Si., M.P., Ph.D.
4. Prof.  Dr. Ir. Drs.  H. Muhamad Arsyad, A.Md., M.T., IPM.
5. Prof. Helmi Abdullah, M.Si.
6. Prof. Dr. M.A. Martawijaya, M.Pd.

Dari keenam profesor yang dikukuhkan tersebut satu diantaranya alumni Asrama mahasiswa Sawerigading Yogyakarta yang terletak di Jl. Sultan Agung No.18, Kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta.

Beliau adalah Prof Uca. Bang Uca begitu ia kerap disapa telah menjadi profesor di kampus yang telah banyak mencetak tenaga kependidikan yang modern, terbuka, multi budaya serta humanis yang mencakup disiplin ilmu luas khususnya dalam ilmu pendidikan.

Sebelum mengabdikan dirinya di Universitas Negeri Makassar pria kelahiran Enrekang ini telah menorehkan jejak pendidikan tinggi mulai dari Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, kemudian mengejar gelar S2 di kampus yang sama dengan fokus pada bidang Ilmu Tanah, dan melanjutkan perjalanan akademisnya dengan meraih gelar S3 dalam bidang Studi Ilmu Geografi di Universitas Kebangsaan Malaysia.
Perjalanan pendidikan ini mencerminkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ilmu dan pemahaman mendalam terhadap bidang studinya.

Sebagai dosen di Jurusan Geografi FMIPA UNM, Prof Uca menunjukkan komitmen jangka panjang terhadap dunia pendidikan. Pengalaman dan kontribusi beliau dalam dunia pendidikan juga tidak perlu diragukan.  Prof. Uca telah menjadi
Pimpinan Baru Jurusan Geografi FMIPA  UNM Tahun 2020-2024.

Selain itu, karya-karya ilmiah Prof. Uca, baik dalam bentuk buku maupun konferensi/jurnal nasional dan internasional, menunjukkan kualitas penelitian dan pemikiran yang mendalam dalam bidang Ilmu yang diraihnya.

Pada acara pengukuhan ini, Rektor UNM menyampaikan selamat kepada enam profesor yang baru dikukuhkan, sekaligus berharap, akan memberikan dampak pada pengembangan SDM di UNM yang semakin berkualitas dan kontribusi di masyarakat serta pengembangan sains dan teknologi.

“Momentum bertambahnya guru besar menjadi harapan besar bahwa ke depannya keterlibatan UNM dalam kehidupan masyarakat bisa semakin optimal melalui ketersediaan sumber daya manusia berkualitas,” ujar Prof. Dr. H. Karta Jayadi.

Sementara itu ditempat yang sama salah satu sahabat karib Prof Uca di asrama mahasiswa Sawerigading Yogjakarta yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Kolaka menyampaikan rasa bangganya kepada pria yang sederhana dengan meraih gelar Profesor.

“Alhamdulliah, semoga dengan pencapaian ini, Prof. Uca dapat terus memberikan inspirasi dan kontribusi positif bagi dunia pendidikan, penelitian, dan masyarakat luas,” ujar Dr. Ir. H. Andi Makkawaru, S.T., M.S.

TIAR

Share.

About Author

Leave A Reply