SMK Swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar Gelar Job Fair 2024, 10 DU-DI Siap Serap Lulusan SMK

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – SMK swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar menggelar Job Fair yang merupakan rangkaian kegiatan dari Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) 2024 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan job fair yang dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah VI Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Drs. R. Zuhri Bintang digelar selama satu hari Selasa 23 Juli 2024.

Kepala SMK swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar, Fr. Benediktus Jeujanan, CMM, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMK swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar memfasilitasi lulusan SMK untuk bertemu langsung dengan pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU-DI) dengan tujuan untuk membantu lulusan atau alumni yang belum mendapatkan pekerjaan.

Fr Benediktus menegaskan, SMK swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar selalu berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada para siswanya. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan menyelenggarakan job fair.

“Job fair ini menjadi kesempatan bagi siswa khususnya kelas XII dan alumni yang belum memiliki pekerjaan untuk membangun jaringan dengan para profesional, berinteraksi dengan perwakilan industri, dan memperoleh informasi terkini mengenai bursa kerja,”kata Fr Benediktus.

Ia menyampaikan, bahwa dalam job fair tahun 2024, SMK swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar bekerja sama dengan 10 DU-DI antara lain, PT. Rezeki Abadi Sambosar, PT. Bruna Anugrah Utama Indonesia, CV. Sahat Nauli Parts Jaya, Bengkel Freddy, Bengkel Star Road, CV. Cahaya Terang Teknik (bengkel bubut dan las specialist, PT. Capella Medan, RS. Harapan, Devon Komputer, CV. Kita Net, dan CV. Maju Jaya.

“Semoga hari ini hari yang berharga untuk melihat masa depan. Sekolah akan terus memfasilitasi untuk mencapai cita-cita, sekolah merupakan jembatan sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan dimasa depan,”ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Drs. R. Zuhri Bintang sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan job fair di SMK swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga banyak alumni yang terserap dan ini menjadi contoh bagi SMK yang ada di wilayah Siantar dan Simalungun agar lebih meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan untuk menuju SMK bisa SMK hebat,” kata Zuhri.

Zuhri menegaskan, bahwa kegiatan job fair tersebut jangan hanya acara seremonial saja, tetapi harus benar-benar dilaksanakan demi terserapnya alumni-alumni SMK Cinta Rakyat ke dunia usaha dan dunia industri.

Lebih lanjut, ia mengatakan job fair tersebut juga menjadi peluang bagi SMK untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan atau industri terkait, yang nantinya perusahaan dapat menemukan bakat potensial di kalangan siswa SMK yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Antara industri dan lulusan SMK perlu dipertemukan secara langsung, dengan begitu akan ada kecocokan di antara kedua belah pihak,”ujarnya.

Ia berharap job fair tersebut bisa membantu untuk mengentaskan angka pengangguran di Siantar dan Simalungun.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini banyak alumni yang terserap untuk bekerja yang nantinya bisa mengentaskan angka pengangguran,”pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pematangsiantar, KASI SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Ketua Yayasan St Yoseph Medan di Pematangsiantar, Pastor Krispinus Silalahi, OFMCap, Guru dan Alumni serta para siswa. (TONI).

Share.

About Author

Leave A Reply