Sukseskan Urban Farming: Koramil 14/Png Maksimalkan Lahan Tidur Untuk Tanaman Hortikultura

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, Kodam Jaya, TIGARAKSA – Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, Koramil 14/Png terus mengintensifkan pengolahan lahan tidur di wilayahnya. Lahan seluas 100M³ yang dimiliki TNI AD dan terletak di Koramil 14/Png, Kodim 0510/Tigaraksa, dikelola dengan baik untuk menanam tanaman hortikultura, khususnya cabe.

Serka Lukman Hakim, anggota Koramil 14/Png, aktif merawat lahan urban farming dengan menanam tanaman palawija secara rutin. “Kami mengajak warga untuk berperan aktif dalam mengelola tanaman palawija guna mendukung ketahanan pangan,” ujarnya, Selasa (16/07/2024).

Selain itu, jajarannya juga aktif mensukseakan Ketahana Oangan, seperti yang dilakukan Serka Lukman Hakim anggota Koramil 14/Panongan yang rutin melakukan perawatan tanaman palawija di lahan Urban Farming di wilayahnya.

“Untuk mensukseskan Ketahanan Pangan, Koramil memanfaatkan lahan tidur dengan mengajak peran aktif warga dalam mengelola tanaman palawija,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa, dilahan urban farming yang kita berdayakan ada dibeberapa tempat, dan sebagian besar lahan tidur, seperti lahan seluas 400 M³, milik PT.Citra Raya di Kampung Panongan, RT.01/04 Desa Panongan, kita tanami umbi-umbian jenis Singkong.

“Selain itu, ada juga tanaman ubi rambat seluas 1000 M³, yang dikelola Bapak H Rodi di yang berada di Desa Ranca Iyuh.” jelasnya.

Sementara itu, Danramil 14/Png, Kapten Inf Irwanto, menyampaikan, apa yang dilakukan Koramil dalam rangka mengelola lahan tidur menjadi lahan Urban Farming untuk mensukseskan program Ketahanan Pangan.

“Keberadaan anggota Koramil 14/Png untuk menjaga dan merawat tanaman dengan melakukan pemberian pupuk secara teratur , karena melalui pemeliharaan rutin menjadi kunci utama dalam menjaga keberhasilan pertumbuhan tanaman.”katanya

“Dengan perawatan yang baik, hasil panen dapat optimal. Untuk itu, Kami berkomitmen untuk terus mendukung ketahanan pangan dengan mengoptimalkan penggunaan lahan yang ada,” ungkapnya.

Sumber : Kodim 0510/Tigaraksa

Share.

About Author

Leave A Reply