SMK Negeri 1 Siantar Menggelar Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2024 Secara Mandiri

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – SMK Negeri 1 Siantar, Kabupaten Simalungun menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi peserta didik kelas XII Tahun 2024. Ujian praktek kejuruan ini berlangsung selama tiga belas hari mulai 26 Februari sampai dengan 9 Maret 2024 secara mandiri.

Kepala SMK Negeri 1 Siantar, M.Syahrizal Damanik,M.Pd melalui Ketua panitia UKK, Romy Boshton Siregar, SPd.I dalam keterangannya mengatakan, bahwa dalam kegiatan UKK tersebut menghadirkan pihak external dari berbagai Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) seperti dari STIKOM untuk program keahlian TKJ juga dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk program keahlian tata busana dan kecantikan dengan Assesor yang bersertifikat.

” Peserta UKK pada tahun 2024 sebanyak 333 orang dari 4 jurusan yaitu, TKJ, Multimedia, Tata Busana,Tata Rias dan kecantikan rambut,” kata Romi, Jumat (1/3/2024).

Ia menambahkan, UKK adalah kegiatan tahunan, merupakan ujian nasional untuk SMK dengan materi uji sesuai jurusan masing masing dan sebagai bentuk tolak ukur peserta didik.

“UKK ini sangat berperan penting dalam penentuan kelulusan peserta didik karena hasil UKK menjadi indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan” ujarnya.

Romi berharap kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kemampuan dirinya bahwa SMK itu bisa hebat.

“Semoga anak-anak yang mengikuti UKK ini semuanya lulus,”pungkasnya.

Diketahui pelaksanaan ujian UKK, para peserta akan di uji keterampilannya oleh beberapa penguji yang sudah menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 1 Siantar dengan pengujian sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ada .

Dengan mekanisme penilaian ada dua yaitu dari penguji internal (pihak sekolah) dan pihak penguji external dari DUDI maupun tenaga ahli profesional dari kalangan akademis. (TONI)

Share.

About Author

Leave A Reply