Wali Kota Dukung Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM Depok

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK, JAWA BARAT – Upaya meningkatkan ekonomi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di Kota Depok. Sebagai Wali Kota Depok, Mohammad Idris, bahwa dirinya sangat mendukung serta mengapresiasi program Kue Subuh Kukusan atau Kusuka, dimana terdapat 56 UMKM yang tergabung di dalam program itu.

Karena, dinilai puluhan pelaku UMKM itu berhasil mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah didapat selama mengikuti program WUB besutan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Sebenarnya program ini sudah berjalan lama, karena Pak Faishal selaku inisiator Kusuka WUB dengan omzet tertinggi dan sudah kami kasih penghargaan, sehingga dia termotivasi untuk memajukan WUB yang lain di wilayah ini dan sekitarnya, khususnya Beji.

“Makanya Pak Faishal buat komunitas namanya Kusuka, nanti dengan program ini bisa ditingkatkan omzet mereka (para UMKM),” ujar Idris, saat mengunjungi Bazar Kue Subuh besutan Wirausaha Baru (WUB) Kelurahan Kukusan yang berlokasi di RT 05 RW 02 Jalan KHM Usman, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Jumat (9/2/2024).

Ia menyebutkan, bahwa Pemkot Depok akan mendorong UMKM agar bisa memanfaatkan fasilitas publik di Kota Depok, seperti di Sungai Elok Cantik dan Menawan atau SeCAWAN yang berada di Kelurahan Depok Jaya, sebagai sarana pemasaran produk usaha.

“Jadi, terkait dengan tempat ini karena di sini beda dengan Ramanda relatif lebih laku, nanti misalnya di SeCAWAN itu bisa dimanfaatkan, kalau di Ramanda kan aset pribadi,” ucap Idris.

Diceritakannya, bahwa keberhasilan program WUB dan Perempuan Pengusaha membawa dampak positif untuk perekonomian di Kota Depok.

Tercatat, tingkat pengangguran pada tahun 2023 sebesar 6,7 persen dan tingkat kemiskinan terendah di Provinsi Jawa Barat. Salah satu bukti dan alat ukurnya begitu (keberhasilan program WUB).

“Hal tersebut, berdasarkan laporan dari satu komunitas, maju dan ada peningkatan omzetnya, maka harapan saya WUB di wilayah lain dapat meniru seperti ini, kalau pelayanannya per kecamatan lebih bagus,” pungkas orang nomor satu di Kota Depok itu.

MAULANA

Share.

About Author

Leave A Reply