Ukur Pengetahuan Dan Keterampilan Prajurit Secara Individu, Kodim 0105/Abar Menyelenggarakan Latihan UTP Umum

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT – Guna mengasah pengetahuan sekaligus mengukur keterampilan Prajurit secara individu, Kodim 0105/Abar menggelar Uji Terampil Perorangan Umum (UTPU) di medan latihan yang berlokasi di Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (26/1/2024).

Uji Terampil Perorangan Umum atau yang dikalangan militer lazim disebut UTP Umum merupakan salah satu metode untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan seorang Serdadu yang berdasarkan tingkat Kepangkatan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution, melalui wadah latihan UTP Umum ini juga dapat melihat sejauh mana kualitas yang dapat mempengaruhi keberhasilan Satuan dalam melaksanakan tugas pokok kedepannya yang semakin komplit dan kompleks.

” Keberhasilan Satuan dalam menuntaskan setiap tugas sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan Prajurit sesuai bidang Jabatan masing – masing. Maka dari itu, selaku Pimpinan Saya berharap setelah latihan ini para Prajurit lebih memahami lagi potensi yang dimilikinya. Dan jadikan UTP Umum ini sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan guna mendukung tugas – tugas ke depan”, terang Dandim

Dalam pelaksanaannya, latihan ini berpedoman pada Bujuk BPP UTP U/J yang berdasarkan Strata Kepangkatan. Adapun materi – materi yang diujikan meliputi pengetahuan umum militer diantaranya Navigasi Darat (Navrat), Teknik Dasar Pertempuran (Niksarpur), Tali Temali (Pioner), Pengetahuan Senjata Ringan (Pengjatri), Peta Jarak, Intelijen, Samaran, Teritorial, Kompas Siang dan Malam.

Sumber : Kodim 0105/Abar

Share.

About Author

Leave A Reply