Wujudkan Pertahanan Darat Yang Tangguh, Kodim 0105/Abar Selenggarakan Kegiatan Pembinaan RT/RW

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, ACEH BARAT – Guna mendukung tugas TNI AD dalam rangka melaksankan pembangunan dan pengembangan kekuatan Matra Darat, Kodim 0105/Abar menggelar sosialisasi Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat (RTRW Hanrat) di Aula Makodim setempat yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan yang bertemakan, “Terwujudnya Rencana Rinci Wilayah Pertahanan (RRWP) Darat Statis Yang Selaras Dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Pemda Guna Mewujudkan Wilayah Pertahanan Darat Yang Tangguh”, secara resmi dibuka oleh Kasdim 0105/Abar Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto dengan dihadiri para Perwira Staf, Danramil – Danposramil serta Babinsa jajaran.

Usai menerima laporan dari Koordinator kegiatan (Pasiter) Kapten Inf Hendra Saputra, dalam prolognya Kasdim menyampaikan bahwa TNI AD merupakan bagian komponen utama kekuatan pertahanan negara di Darat bersama komponen kekuatan pertahanan lainnya untuk berkolaborasi memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga siap di mobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan dalam menghadapi setiap ancaman maupun gangguan terhadap keutuhan NKRI.

“Pertahanan negara yang mantap merupakan bagian dari wujud stabilitas nasional yang dinamis serta menjadi salah satu syarat guna mencapai tujuan pembangunan di Daerah dengan melibatkan seluruh kekuatan bangsa maupun Sumber Daya Nasional (SDN) yang ada untuk menepis segala jenis ancaman”, kutip Kasdim.

Dilembaran berikutnya, Kasdim menyampaikan bahwa pendayagunaan wilayah negara dilaksanakan dengan cara mempersiapkan wilayah serta mengatur pembangunannya sedini mungkin agar setiap saat bila dibutuhkan siap mendukung penyelenggaraan pertahanan negara.

“Salah satu kegiatan pendayagunaan wilayah negara adalah penyusunan RTRW Hanrat melalui update data RRWP darat statis yang disesuaikan dengan daya dukung alam serta senantiasa memperhatikan keseimbangan maupun kelestarian lingkungan”, imbuh Kasdim

Melalui momentum ini, Kasdim juga menghimbau kepada seluruh Personel agar merawat hubungan baik dengan komponen masyarakat agar tercipta keeratan hubungan yang harmonis guna mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keterpaduan dalam pembangunan kepentingan kesejahteraan, pertahanan serta mengatasi kesulitan rakyat.

“Untuk itulah, mari sama – sama Kita menyimak dan memahami apa – apa yang akan di kupas dan disampaikan oleh Pemateri. Sehingga, tiba gilirannya nanti, Kita benar – benar memahami dan mengerti berbagai hal yang berkaitan dengan RTRW Hanrat serta dapat mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas sehari – hari”, pungkas Kasdim.

Sumber : Kodim 0105/Abar

Share.

About Author

Leave A Reply