DPUPR Depok Terjunkan Satgas Guna Pembersihan Material Akibat Longsor

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK, JAWA BARAT — Akibat perubahan cuaca masuk musim peralihan dari kemarau ke musim hujan, mengakibatkan longsor turap setinggi 3 meter di Anak Kali Angke RW 06 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsar Depok, Jawa Barat.

” Hal tersebut, turap tersebut longsor akibat tidak mampu menampung debit air yang cukup deras ketika hujan lebat, menjadikan material turap terbawa arus dan menyebabkan longsor sepanjang 3 meter,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah, Yulianty, Senin (27/11/2023).

Dijelaskannya, bahwa Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, langsung diterjunkan guna melakukan pembersihan material longsor turap tersebut.

“Diketahui, setinggi turap yang longsor 3 meter dengan panjang 3 meter. Kami turunkan satgas sebanyak satu regu atau 10 personel dan ditangani secara manual,” jelas Citra.

Menurutnya, bahwa untuk sementara pihaknya akan memasang cerucuk bambu sebagai penanda adanya longsor. Juga untuk menahan tanah agar tidak bergeser dan menyebabkan longsor susulan.

“Jadi, sementara di pasang cerucuk bambu. Setelah itu dilanjut dengan penurapan,” tutur Citra.

Citra juga menambahkan, bahwa dengan kegiatan ini menggunakan anggaran pemeliharaan. Tidak ada target yang ditetapkan, yang jelas harus sampai selesai.

“Untuk itu, diminta masyarakat tetap berhati-hati, karena kita tidak tahu apakah ada hujan lebat susulan yang bisa menyebabkan potensi longsor lagi. Mengingat sudah masuk musim peralihan dari kemarau ke musim hujan,” imbuhnya.

MAULANA

Share.

About Author

Leave A Reply