Program SMK-PK 2023, SMK Negeri 2 Pematang Siantar Jalin Kerjasama “Link and Match” dengan Industri

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Sebagai salah satu sekolah yang ditetapkan menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) Tahun 2023 yang ada di Sumatera Utara, SMK Negeri 2 Pematang Siantar menjalin kerjasama “Link and Match” dengan industri.

Kepala SMK Negeri 2 Pematang Siantar, Janner Manullang,S.Pd.M.Si mengatakan, kerjasama tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis industri dan Teaching Factory (Tefa).

“Selaku mitra pengembangan sekolah dalam mendukung program SMK Pusat Keunggulan, kita sudah menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan Industri, yakni PT. Sentosa Naga Jaya dan Pabrik Timbangan Laju pada hari Rabu 15 November 2023 di Aula SMK Negeri 2 Pematang Siantar,”kata Janner. Jumat,(17/11/2023).

Adapun maksud dari perjanjian kerjasama tersebut, menurutnya sebagai bentuk komitmen dan itikad baik para pihak untuk mewujudkan dan mengembangkan SMK sebagai sekolah yang berbasis kompetensi sesuai dan selaras (Link and Match) dengan Industri, dan Dunia Kerja (IDUKA), dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan IDUKA.

Lanjutnya, adapun ruang lingkup perjanjian Kerjasama tersebut meliputi,
Penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi sesuai kebutuhan IDUKA yang disusun bersama-sama.

Membantu menyiapkan guru tamu dan melatihkan kompetensi (softskill dan hardskill) dengan model pembelajaran Teaching Factory di institusi.

Kesempatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik dan magang Guru.
Update teknologi dari IDUKA pada guru.

Penerapan budaya kerja yang ada di IDUKA.
Analisis Banch Marking (tolak ukur) sarana prasarana atau infrastruktur pada institusi IDUKA.

Pihak Kedua memprioritaskan rekrutmen dari alumni Pihak Kesatu untuk mendukung keterserapan lulusan.

Para pihak saling mendukung dalam penggunaan fasilitas bersama.

“Dengan adanya perjanjian kerjasama Link and Match ini, kita harapkan pola pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pematang Siantar akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan penyelarasan kurikulum yang disepakati dalam mendukung teaching factory di SMK,” harapnya.

Pada penandatanganan Perjanjian Kerjasama Bidang Keahlian Teknik Pemesinan tersebut dilaksanakan Kepala SMK Negeri 2 Pematang Siantar Janner Manullang, S.Pd, M.Si bersama PT. Sentosa Naga Jaya yang diwakili Manajer Hj. Lilis Ramadhan dan Pabrik Timbangan Laju diwakili pimpinan Syamsul Damanik, dengan disaksikan oleh seluruh Guru Kejuruan SMK Negeri 2 Pematang Siantar.

“Intinya, dalam perjanjian Kerjasama ini terjalin hubungan kerjasama yang baik dan saling mendukung baik pihak sekolah maupun pihak Industri,” pungkas Janner Manullang.

TONI.

Share.

About Author

Leave A Reply