Siswa SMK Negeri 1 Panei Gelar Observasi Pembelajaran Objek Wisata dan Perhotelan di Parapat

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – Untuk meningkatkan kompetensi siswa, puluhan pelajar program keahlian Perhotelan dan Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Panei, Kabupaten Simalungun menggelar observasi pembelajaran Objek Wisata dan Perhotelan.

Kegiatan observasi tersebut berlangsung selama satu hari, Kamis 16 November 2023 di Niagara Hotel, Parapat dan di Objek Wisata Danau Toba yang diikuti 46 peserta, 6 guru pendamping dan kepala sekolah.

Kepala SMK Negeri 1 Panei, Martha Linora Sitompul,S.Pd M.Pd mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran observasi tersebut diselenggarakan melalu kerja sama dengan pihak dunia usaha dan dunia industri (DU-DI) sesuai dengan program keahlian yang ada disekolah. Dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para siswa pada program keahlian Perhotelan dan Desain Komunikasi Visual.

“Sebagai unit sekolah yang baru berdiri, siswa pada program keahlian Perhotelan dan Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Panei menggelar observasi pembelajaran tentang objek wisata dan perhotelan di Niagara Hotel Parapat dan untuk siswa program keahlian desain komunikasi visual melaksanakan giat observasi dengan mengamati dan melukis di objek wisata danau toba,” kata Martha, Kamis (16/11/2023).

Ia menjelaskan, untuk membekali siswa etika dan tata cara jamuan makan formal, jurusan Perhotelan, para siswa belajar Table Manner di Niagara Hotel. Dalam kegiatan itu siswa diajak untuk melakukan observasi hotel terlebih dahulu, kemudian diberi pemaparan materi table manner oleh pihak Hotel. Mulai dari bagaimana menyantap makanan pembuka hingga ke santapan penutup.

“Para siswa akan mendapatkan pengalaman jamuan makan formal, termasuk bagaimana cara menyajikan makanan tersebut dengan kelengkapan dan table settingnya,”ujarnya.

Martha menyampaikan, melalui kegiatan observasi pembelajaran tersebut, siswa program keahlian Perhotelan dan Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Panei dapat belajar melalui pengalaman langsung dari dunia industri, sehingga nantinya memiliki pemahaman yang lebih baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata serta pada ruang lingkup yang lebih luas untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, serta dapat menunjang kesuksesan mereka ke depannya.

“Melalui observasi pembelajaran ini, diharapkan bisa menambah pemahaman siswa dalam domain pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau karakter kearah lebih baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga, SMK Negeri 1 Panei menanda tangani MoU atau perjanjian kerjasama dengan Niagara Hotel Parapat untuk sebagai tempat prakerin, guru tamu dan sebagai penguji eksternal pada Uji Kompetensi Keahlian(UKK).

TONI.

Share.

About Author

Leave A Reply