Pembongkaran Pagar Penutup Jalan Masih Polimik Paska Uji Coba Penggunaan Auto Gate Sukses

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Pembongkaran pagar penutup jalan di komplek Taman Kencana masih polimik di tengah suksesnya Uji coba penggunaan Auto Gate Sistim satu pintu Masuk Perumahan Taman Kencana, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, lancar dan aman, Kamis (14/9/2023).

Pengelola Perumahan Taman Kencana Yuselman mengatakan sudah memberikan kartu kepada pengurus RW12 dan RW14 untuk mendistribusikan kartu kepada warga.

Sementara untuk pembongkaran pagar penutup jalan yang ada di komplek belum jelas kapan dilaksanakan.

Dilain pihak pengembang merasa tidak bertanggungjawab dalam hal pembukaan pagar penutup jalan khususnya jalan di Jln. Verbenia II yang sudah disepakati dibongkar setelah penggunaan Auto Gate Masuk Komplek Perumahan Taman Kencana diaktifkan. “Mengenai pembongkaran pagar penutup jalan silahkan kootfinasi dengan ketu RW 14,” ujar Yuselman ketika dikonfirmasi, Rabu, (13/9/2023)

Demikian juga halnya degan Sekel Tegal Alur H. SETIA BUDI. Dia juga belum memberikan jawaban pasti.

Padahal dua hari sebelumnya H. Setia Budi mengatakan menunggu hasil konfirmasi dari Pengembang. Tetapi ketika dikonfirmasi ulang pagi ini (Jumat) belum meberikan jawaban, justrus memberikan kontak Ketua RW14, Iwan.

“Iya bang, kita tunggu info dari pengembang. Kalau Ketua RW14 (pak Iwan) dan Pak Suhari sudah kita konfirmasi, tinggal pengembang,” kata Sekretaris Kelurahan (Sekel) Tegal Alur H. Setia Budi, Rabu (13/9/2023).

Ketua RW 14, Iwan ketika dihubungi belum menjawab pertanyaan, justru balik bertanya: “Kepentingan anda apa menanyakan ini, Anda tinggal di taman kencana? Anda mewakili seseorang?” Jawab Ketua RW 14, Iwan seolah tidak terima dikonfurmasi wartawan.

Jika ditelaah jawaban Sekel Tegal Alur H. Setia Budi, seakan masih ada problem untuk pembongkaran pagar penutup jalan-jalan di komplek Perumahan Taman Kencana.

“Pak RW, jangan balik bertanya…ini kepentingan berita..yang bertanya Jurnalis Pak RW,” ujar wartawan menjawab chat nya RW14.

DiketahuI sebelumnya hasil kesepakatan pembukaan pagar di Jalan Verbenia II Blok D, RT01/14, Kel. Tegal Alur, Kec. Kalideres, Kota Adm Jakarta Barat akan dilaksanakan setelah pembuatan Auto Gate Masuk Komplek Perumahan Taman Kencana.

 hal itu adakah Kesepakatan antara warga Komplek Perumahana Taman Kencana Dirut Taman Kencana, Ketua RW 14, Ketua RW 12, Camat Kalideres, Lurah Tegal Alur, Dishub Jakarta Barat, Satpol PP, Jakarta Barat, Kapolsek Kalideres, pembongkaran pagar penutup jalan di Jln. Verbenia II setelah proyek pembuatan Auto Gate perumahan diberlakukan pada tanggal 5 Mei 2023.

“Setelah pertemuan kita dalam berkoordinasi di sini (ruang rapat kantor camat Kalideres) pada beberapa hari yang lalu, pada hari ini dapat disimpulkan bahwa saran dan pendapat yang telah disampaikan tujuannya adalah baik untuk kebersamaan. Baik itu penutupan akses jalan di jln Verbenia maupun permintaan pembukaan akses Jalan Verbenia itu adalah untuk kepentingan bersama,” ujar Camat Kalideres Naman Setiawan yang memimpin pertemuan di Ruang Rapat Kantor Camat Kalideres, Jumat (5/5/2023), waktu itu.

“Dengan semangat kebersamaan kita akan melakukan pembukaan disetiap akses jalan yang ada di perumahan Taman Kencana yang selama ini ada penutupan. Secara tehnis pengaman nanti akan kita buat sistem satu pintu utama di depan saja. Namun demikian terkait pola pengamanan yang akan dilakukan masih membutuhkan waktu yang tidak singkat,” ujar Dirut PT Taman Kencana Herman, waktu itu.

Herman meminta waktu 2 Minggu untuk membuat gambar dan atau master plan sistem pengamanan dan selanjutnya pelaksanaan pembukaan akses jalan dikatakan akan dibutuhkan waktu 1 bulan.

“Kita akan berkoordinasi dengan dua ketua RW terkait, oleh karena itu kita butuh waktu,” tambah Herman.

Sementara Ketua RW 14, Iwan menyambut keputusan musyawarah yang telah diambil oleh Camat.

“Saya sebagai Ketua RW14 sangat senang dengan adanya kesepakatan hari ini. Intinya, kalau sudah sepakat tentunya apa yang disepakati akan dilaksanakan. Hanya saja nanti dibahas lagi masalah anggaran pembiayaan untuk penambahan Security,” ucap Ketua RW 14, Iwan.

Suhari mengapresiasi pernyataan Dirut PT Taman Kencana, Herman dalam mengambil keputusan dalam mengambilalihan sistim pengamanan di komplek.

“Pada intinya, terkait pengamanan dan kenyamanan warga dapat dikoordinasikan. Terkait pembiayaan kita tanggulangi bersama. Mari, transparan aja, berapa biaya yang diperlukan kita hitung-hitungan dan pikul bersama untuk kebersamaan,” ujar Suhari.

Seperti diketahui, ada penutupan akses jalan masuk keluar jln Verbenia II Blok D RT01 RW14 sejak Covid 19 tahun 2020. Ada diskresi pemerintah melakukan lockdonw guna menghindari penyebaran virus covid 19.

Setelah pemerintah mencabut Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Besar dan bahkan pemerintah telah menyatakan pencabutan pembatasan kegiatan masyarakat alias sudah normal maka marka-marka jalan yang sempat ditutup dibuka kembali guna percepatan pemulihan ekonomi nasional.

THOMSON
 

 

Share.

About Author

Leave A Reply