Nelayan Pantai Rancabuaya Garut Sambut Hajat Laut 27 Juli 2023

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, GARUT – Sebagai wujud ungkapan rasa syukur, komunitas Nelayan Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka Hajat Laut pada Kamis 27 Juli 2023 lusa.

Hal tersebut disampaikan H.Elan salah satu Panitia penyelenggara Hajat Laut Nelayan Pantai Rancabuaya melalui pesan WhatsApp, Selasa (25/7/2023).

H. Elan mengungkapkan ada beberapa item kegiatan dalam menyambut hajat laut di pantai Rancabuaya yang akan di mulai pada Kamis 27 Juli 2023. Dikatakan Elan hajat laut berlangsung tiga hari Kamis hingga Sabtu 29 Juli.

” Sesuai hasil rapat musyawarah panitia, awal acara hajat laut dimulai dengan Tablig Akbar pada Kamis malam,” terangnya. Sedangkan ritual upacara adat Larung Laut dilaksanakan pada Jumat pagi 28 Juli 2023.

“Upacara adat Larung Laut ini sudah tradisi tahunan pada setiap acara hajat laut di pantai Rancabuaya sebagai ungkapan rasa syukur atas tangkapan nelayan yang melimpah,” katanya.

Usai upacara adat, kegiatan dilanjutkan dengan lomba karaoke dan hiburan pesta rakyat. “Malam puncaknya akan dihibur oleh pertunjukan Wayang Golek semalam suntuk dari Putra Giriharja dari Bandung,” ujarnya.

Pada Sabtu pagi hajat laut masih berlanjut dengan hiburan Dangdut. Hajat laut ini, kata Elan sudah rutin dilakukan setiap tahunnya di pantai Rancabuaya, selain sebagai ungkapan rasa syukur, hajat laut juga diharapkan akan menjadi daya tarik wisata bagi para pelancong dari berbagai kawasan khususnya di kabupaten Garut umumnya di Jawa Barat.

” Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu semua pendanaan dalam rencana hajat laut ini. Semoga semua yang telah mendonasikan termasuk para sponsor menjadi lilah,” pungkasnya. (Nana)

Editor:Nas

Share.

About Author

Leave A Reply