BPKN RI Sukses Rayakan Hari Lahirnya Ke-22 di Hotel Borobudur Jakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia Merayakan Hari Lahirnya yang ke 22 Tahun di Hotel Borobudur Jakarta berlangsung sukses dengan menampilkan fashion show yang diperagakan oleh komisioner BPKN RI dan para anggotanya. BPKN RI juga berdasarkan hasil kesepakatan rapat menetapkan bahwa hari lahir BPKN RI jatuh tanggal 21 Juli.

Ketua BPKN RI, Rizal E Halim membuka HUT BPKN RI ke 22 tahun ini dengan kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadirannya kepada pejabat dilingkungan kementerian perdagangan, para pimpinan LPKSM, para pimpinan perusahaan dan pejabat di lingkungan BPSK dan seluruh pejabat BPKN-RI dalam rangka bersilaturahmi pada malam hari ini.

“Malam hari ini merupakan malam peringatan hari lahir BPKN yang ke 22 dan yang pertama kali kita rayakan sejak BPKN ini hadir,” kata Rizal E Halim dalam kata sambutannya, Jumat (21/7/2023).

Rizal E Halim juga menjelaskan bagaimana latar belakang akhirnya memutuskan hari lahir BPKN RI, dirinya menceritakan kalau kita melihat regulasi yang mengatur mengenai perlindungan konsumen pada UU Nomor 8 Tahun 1999 maka dua tahun setelahnya pemerintah waktu itu Bapak Abdulrahman Wahid atau Gusdur sebagai Presiden menandatangani peran-peran pemerintah yang khusus berhak dalam pembentukan Badan Perlindungan Konsumen Nasional dan pada saat disahkan pertanggal 21 Juli 2001. Nah dengan dasar itu dan setelah melalui rapat pleno yang cukup panjang, kami di periode 2020-2023 memutuskan bahwa 21 Juli menjadi hari lahir BPKN. Jadi dengan peringatan hari lahir ini berharap BPKN punya trek record sejarah dan kita bisa melihat kebelakang bagaimana mereka berjuang kita juga harus tahu diawal pembentukannya tidak mudah ketika merintis sesuatunya diawal itu sulitnya luar biasa dan kalau sudah berjalan akan lebih mudah.

“Malam ini adalah anugerah untuk para senior-senior yang sempat hadir pada malam ini. Dan juga kami sampaikan kepada bapak Almarhum Bambang Sumantri yang diwakili Istri dan Putranya, terimakasih Bu sudah hadir” ujar Rizal E Halim.

Dalam rangka memperingati hari lahir yang ke 22 BPKN RI telah melaksanakan berbagai rangkaian acara yaitu ada peluncuran buku mengenai perlindungan konsumen yang isinya pengalaman empiris bagaimana persoalan-persoalan yang dihadapi konsumen ketika terjadi dispute (sengketa) dan juga bagaimana irisan BPKN dengan para stakeholder dan otoritas yang lain, para penegak hukum itu disampaikan diceritakan 3 buku tersebut.

BPKN juga telah memberikan sosialisasi mengenai perlindungan konsumen di pasar Modern dan pasar tradisional untuk berdiskusi dengan para pedagang dan masyarakat disana. Ada juga advokasi perlindungan konsumen. BPKN baru saja memberikan advokasi ke 1.150 mahasiswa dari Universitas Bung Karno. Ada juga Forum kelembagaan Pengaduan Konsumen yang melibatkan seluruh BPSK dan LPKSM yang ada di Indonesia untuk penguatan BPSK dan LPKSM.

Rangkaian kegiatan tersebut menurut Rizal E Halim untuk memberikan muatan pada eksistensi kepada BPKN juga peran serta masyarakat luas secara langsung dan aktif dalam rangkaian kegiatan perlindungan konsumen serta memperkuat ikatan, diskusi dan dialog antar komunitas.

(Edison)

Share.

About Author

Leave A Reply