Sigale-Gale Pusat Wisata Favorit di Samosir 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SAMOSIR – Sigale-gale yang berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara salah satu pusat wisata favorit yang sangat rame di kunjungi masyarakat. Hal tersebut di sampaikan operator sigale-gale, Parlindungan Situmorang. Pada Kamis, 5 Desember 2023.

Dikatakan, bahwa sejak libur hari Natal dan Tahun Baru 2023  pengunjung yang datang ke wisata sigale-gale sangat membludak.

“Mulai tanggal 27 desember 2022 sampai libur tahun baru 2023  pengunjung yang datang ke wisata sigale-gale ini sangat membludak”kata Parlindungan.

Adapun kegiatan-kegiatan yang di laksankan pengunjung selain melihat sigale-gale manortor (Menari) pengunjung juga dapat menari  bersama sigale-gale dengan mengenakan pakaian khas adat batak di iringi  gondang batak (Musik tradisional).

“Selain melihat sigale-gale menari pengunjung juga dapat menari bersama sigale-gale yang kita lengkapi dengan ulos atau pakaian adat batak serta kita ajari juga untuk manortor yang diiringi dengan musik tradisional,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa untuk masuk mengujungi wisata sigale-gale dikenakan biaya Rp.5000 per orang . Karena menurut Parlindungan wisata sigale-gale tersebut  tidak di kelola pemerintah daerah artinya wisata sigale-gale tersebut milik Kerajaan Tomok marga Sidabutar.

“Wisata sigale-gale ini kan  milik pribadi tetapi mempunyai izin dari pemerintah daerah. Sigale-gale ini salah satu kunjungan wisata yang sangat di favoritkan di kabupaten samosir,” pungkasnya.

Toni Tambunan.

Share.

About Author

Leave A Reply