Poltekbang Makassar Gelar Kuliah Umum, Saptandri Ingatkan Taruna-Taruni Harus Siap Hadapi Tantangan Penerbangan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar adakan smart lecture dengan tajuk “Maintenance Of Aircarft Protection System” untuk taruna siap menghadapi tantangan di dunia penerbangan.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Politeknik Penerbangan Makassar, Saptandri Widianto, bertempat di Mini Theatre Gunawan Agung Politeknik Penerbangan Makassar, Rabu (14/12/2022).

Pada kuliah umum ini, menghadirkan  Keynote Speaker, Ahmad Bahrawi (Mewakili Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara), Sigit Atrianto (Diaspora Dirgantara, Senior Engineer Specialist Airbus Canada) selaku Main Speaker, dan selaku moderator dari Poltek Penerbangan Makassar, Fachrurrazi (Doctoral Student Aerospace Engineering University of Bristol UK).

Dalam acara pembukaan, Saptandri mengingatkan Taruna-Taruni yang merupakan penerus bangsa di dunia Penerbangan bahwa kedepannnya akan banyak tantangan yang mesti dihadapi dan kegiatan ini sebagai wadah pembelajaran tambahan bagi taruna-taruni untuk menambah wawasan serta kemampuan dalam menghadapi tantangan di dunia penerbangan.

“Mari kita gali ilmu sebanyak-banyaknya dari para pembicara yang akan memberikan wawasan yang baru sehingga nantinya dapat diimplementasikan di dunia penerbangan,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Bahrawi mengaturkan banyak terima kasih kepada Diaspora Dirgantara, Senior Engineer Specialist Airbus Canada, Sigit Atrianto yang telah hadir untuk sharing ilmu dan pengalaman kepada Taruna -Taruni Poltekbang Makassar.

“Kalian adalah calon penerus, maka fokus dan sungguh-sungguh serta serap ilmu sebanyak – banyaknya dari pengalaman beliau. Pak Sigit merupakan putra terbaik bangsa yang berperan penting dalam kemajuan teknologi penerbangan saat ini. Maka bekalilah ilmu kalian dari pengalaman beliau,” ungkap Ahmad Bahrawi.

Pada kuliah umum kali ini, Sigit Atrianto menjelaskan dengan baik tentang proses Design, Sertifikasi dan Airworthiness yang merupakan perawatan penting untuk menunjang kelaikan dan keselamatan penerbangan, serta prosedur maintenance yang harus dilakukan. 

Ia juga menambahkan tentang ECS sebagai salah satu system digunakan di pesawat yang penting untuk menunjang keselamatan penerbangan, dan penjelasan tentang macam – macam kegunaan Peralatan Darurat/Emergency Equipment (EE). 

Diakhir materi, Diaspora Dirgantara, Senior Engineer Specialist Airbus Canada Sigit Atrianto memutarkan sebuah video pendek tentang dampak yang terjadi ketika tidak mengikuti Aircarft Maintenance Procedure dan Flight Manual. 

Saat pemutaran video berlangsung, terlihat para Taruna menyaksikan dengan serius peristiwa kecelakaan pesawat yang terjadi. 

Video tersebut memberikan pelajaran buat mereka bahwa tidak boleh lalai dalam hal kecil apapun didalam pemeliharaan dan pengoperasian pesawat udara.

Sebelum menutup acara, para peserta melakukan sesi tanya jawab dan foto Bersama.

Diketahui Smart Lecture dilaksanakan secara Hybrit dengan peserta yang hadir dari Pegawai dan Taruna dilingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan. 

TIAR
Sumber : Humas Poltekbang Makassar

Share.

About Author

Leave A Reply