Seminar Nasional WIMNUS Bentuk Karakter Mental Pelajar SMA/SMK Siantar – Simalungun 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Guna memotivasi dan membentuk  karakter mental kaum muda khususnya pelajar SMA/SMK di Siantar-Simalungun, Wirausaha Muda Nusantara (WIMNUS) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Seminar Nasional di Hotel Horison, Kota Pematang Siantar. Selasa (30/8/2022).

Kegiatan dengan tema Indonesia Recovery“Menyambut Musim Semi, Pasca Pandemi” dihadiri ratusan peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK Siantar-Simalungun dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Siantar, James Andohar Siahaan.

Bendahara DPD WIMNUS Sumut, Muhazzir Siagian mengatakan, bahwa dengan seminar nasional WIMNUS tersebut bahwasannya pihaknya ingin seluruh pelajar merasakan pendidikan yang sama.

Adapun tujuan diadakannya acara tersebut menurut Muhazzir, adalah untuk membantuk karakter anak-anak, karena pasca Pandemi Covid-19 banyak pelajar maupun anak muda tidak produktif.

“Nantinya setelah dilaksanakan seminar ini, semangat anak-anak kembali lagi untuk belajar,” kata Muhazzir.

Lebih lanjut, terang Muhazzir dalam seminar tersebut President of OIC Youth Indonesia International Public Speaker Ketua Umum DPP WIMNUS  Syafii Efendi ikut hadir sebagai pembicara. Katanya, Syafii Efendi nantinya sekaligus akan membuka pola pikir mindset para pelajar serta memotivasi anak-anak muda untuk melangkah kedepan. 

“Di kegiatan ini juga, Syafii Efendi akan memberikan voucher beasiswa pada peserta seminar untuk kuliah di 13 kampus seperti pada kampus pariwisata, ekonomi, perhotelan maupun di kesehatan,” terangnya.

Ia juga menambahkan, program seperti ini akan terus di gelar di seluruh Indonesia bahkan ke pelosok-pelosok kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Pihaknya juga menyiapkan seluruh fasilitas maupun transfortasi antar jemput para peserta seminar.

“Kita mau berkontribusi yang artinya kekuasaan ini harus jatuh ke tangan orang-orang baik. Karena anak-anak muda ini nantinya akan menjadi pemimpin dalam perubahan negeri ini. Untuk itu dibutuhkan pola pikir mindset dan spirit yang baru. Agar anak-anak muda tidak mempunyai mental yang lemah,”tegas Muhazzir.

Sementara itu, Kacabdis Siantar, James Andohar Siahaan mengatakan, bahwa tujuan kegiatan tersebut sebenarnya untuk lebih mengarahkan anak – anak untuk kemana nantinya. 

“Seminar ini tidak hanya sebatas teoritis seperti didapatkan di sekolah,” ucap James diluar tuang seminar saat coffee break berlangsung. 

Seminar ini juga, lanjut James, untuk memperlihatkan testimoni pelaku – pelaku usaha dan dunia pendidikan. Tentunya itu sangat penting sekali untuk anak didik, kelak ingin menjadi apa usai tamat sekolah. 

“Supaya karakter anak lebih terbentuk dan tujuannya nanti lebih jelas,” ungkap James. 

Kegiatan seminar tersebut, jelas James, tetap dikoordinir oleh pihak sekolah masing-masing. Pasalnya, antusias daripada peserta didik yang ingin mengikuti seminar ini sangat tinggi. 

“Jadi, hanya beberapa sekolah saja yang kita pilih untuk saat ini. Disamping kita harus tetap mempertahankan protokol kesehatan, dengan mengirim anak – anak yang sudah melakukan vaksin lengkap termasuk booster,” tutupnya. (Toni Tambunan)

Share.

About Author

Leave A Reply