Antisipasi Banjir, Babinsa Sertu Winarto Ingatkan Warga Binaan Pentingnya Jaga Kebersihan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TIGARAKSA – Babinsa Desa Palasari Kec. Legok Sertu Winarto anggota Koramil 03/Legok bersama Binamas Palasari melaksanakan kegiatan Serter ( Serbuan Teritorial ) di wilayah binaannya.

Saat kegiatan serter tersebut, Sertu Winarto menyampaikan himbau kepada warga, bersama – sama menjaga lingkungan khususnya di musim penghujan agar terhindar penyakit.

Selain itu juga diajak untuk menjaga kebersihan aliran sungai dengan rutin membersihkan aliran secara gotong royong agar air lancar dan tidak banjir di wilayah Desa Palasari.

Seperti disampaikan Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun IE Siregar melalui Danramil 03 Legok Kapten Arh Peristiwa Sihotang mengatakan, serter yang dilaksanakan para Babinsa khususnya di wilayah binaan masing – masing untuk mengajak masyarakat agar lebih aktif menjaga kebersihan lingkungan.

“Tentunya, cara efektif dalam menyampaikan ajakan tersebut, melalui komunikasi sosial dengan warga binaan termasuk juga tokoh masyarkat, tokoh agama dan elemen masyarakat lainnya,” ujar Danramil kepada media, Minggu (08/05/2022).

Ia juga menambahkan, dengan bersihnya lingkungan termasuk aliran sungai tentunya mengantisipasi saat memasuki musim penghujan.

Untuk itu, kebersihan lingkungan harus tetap di jaga bersama – sama, dan dibutuhkan tingkat kepedulian warga guna meningkatkan kewaspadaan dan aktif membersihkan lingkungan dalam rangka mencegah dini bencana banjir,” ungkap Kapten Arh Peristiwa Sihotang.

Menurut Danramil, dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan secara bergotong royong, di mana warga dapat berkoordinasi dengan perangkat desa dan aparat lainnya untuk membersihkan titik-titik yang patut dibersihkan dan lokasi yang rawan banjir.

“Kebersihan lingkungan merupakan kunci utama dalam rangka menghindari banjir. Dan kita berharap peran serta masyarakat untuk selalu aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di selokan-selokan atau parit-parit agar tidak menyumbang saluran air di musim hujan yang dapat menyebabkan banjir,” harap Danramil.

Sumber : Kodim 0510/Trs

Share.

About Author

Leave A Reply