Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar Tutup Selama Cuti Bersama Idul Fitri 1443 H

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Sehubungan dengan adanya cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar, Kanwil Kemenkumham Sumut, Tutup tidak melakukan pelayanan keimigrasian dari tangal 29 April – 8 Mei 2022. Pelayanan keimigrasian akan dibuka kembali tangal 9 Mei 2022. Demikian di ungkapkan Kepala kantor imigrasi (Kakanim) kelas II TPI Pematangsiantar, Mulyadi SH MM., Kamis (28/4/2022).

” Sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) 3 Menteri menjelang libur Idul Fitri 1443 H, kantor Imigrasi mulai tanggal 29 April sampai tanggal 8 Mei 2022 tidak ada pelayanan keimigrasian dan dibuka kembali pelayanan untuk mengurus Passport mulai tanggal 9 Mei 2022. Dalam cuti bersama tahun ini kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk orang asing yang melakukan perpanjangan izin tinggal sebelum masa berlakunya habis wajib dilakukan perpanjangan”.kata Mulyadi.

Mulyadi juga mengatakan, bahwa  Sehubungan pemerintah sudah melonggarkan untuk bisa berpergian keluar negeri, perbandingan dalam kepengurusan passport di kantor imograsi kelas II TPI Pematangsiantar sudah mulai naik dari tahun sebelumnya.

“Jadi perbandingan dari grafiknya naik 300 persen atau tiga kali lipat dari pada tahun sebelumnya dalam melakukan permohonan mengurus passport. Dari grafik kenaikan pada Maret 2021 untuk umum sebanyak 162 sedangkan Maret 2022 naik menjadi 759 orang,” sebutnya.

Juga adanya kelonggaran yang dilakukan pemerintah, untuk orang asing yang masuk ke Indonesia hanya dilakukan rapid test PCR saja, jika nantinya kalau ada warga negara asing yang terindikasi covid-19 yang masuk ke Indonesia dilakukan dengan tindakan karantina saja dan sebaliknya Warga Negara  Indonesia yang pergi keluar negeri hanya melakukan rapid test PCR.

Sementara untuk Eazy passpor, kata Mulyadi, ada 12 tempat pelayanan yang sudah di kunjungi yakni mulai dari Tebing Tinggi sampai perdagangan Simalungun.

“Untuk meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat, kantor imigrasi kelas II TPI Pematangsiantar melaksanakan Pelayanan Eazy Passport yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling atau mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI)” tutupnya. (Toni Tambunan)

Share.

About Author

Leave A Reply