Jalin MoU Dengan Kementerian Pendidikan Jerman, SMA YP HKBP Pematangsiantar Sambut Kedatangan DR Mark Rothensee

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Setelah dipercayakan menjadi mitra Kementerian Pendidikan Jerman, yang ditandai dengan penandatanganan MoU DSD Program Kooperation pada 14 September 2020 yang lalu, kini impian yang sudah lama ditunggu-tunggu Sekolah Menengah Atas Yayasan Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan (SMA YP HKBP) Pematangsiantar, Jalan Gereja, Kota Pematangsiantar akhirnya terwujud dengan kedatangan Guru Bahasa Jerman DR.Mark Rothensee, Selasa, 08 Februari 2022.

Dalam hal ini SMA YP HKBP Pematangsiantar menggelar acara penyambutan kedatangan guru bahasa Jerman tersebur yang digelar di halaman sekolah, acara yang awali dengan kebaktian singkat juga dihiasi dengan tor-tor somba adat batak toba yang di iringi musik tradisional karya Siswa-siswi YP HKBP.

Kegiatan penyambutan guru dari Jerman ini merupakan sebuah mitra kementerian pendidikan Jerman dengan SMA YP. HKBP Pematangsiantar mewakili ZfA wilayah Asia untuk menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jerman.

Kepala SMA YP. HKBP Pematangsiantar Drs. Jandri Lauren Nainggolan dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada DR. Mark Rothensee di Indonesia terkhusus di SMA YP HKBP Pematangsiantar. Ia telah mengajar disekolah kita ini sejak Agustus 2020, tetapi mengajar melalui zoom langsung dari Jerman dengan bidang studi Bahasa Jerman.

” Sebelumnya beliau ingin langsung datang mengajar ke SMA YP. HKBP ini dikarenakan pandemi Covid-19 baru hari ini beliau bisa datang, kita mengucapkan terimakasih kepada Tuhan ahirnya pada tahun ini beliau telah bisa hadir dan langsung mengajar disekolah SMA YP HKBP ini, beliau mengajar 12 jam per minggu. Dengan kedatangan beliau semoga bisa memperkuat sekolah SMA HKBP ini, beserta dengan mitra kerja SMA YP. HKBP.” kata Jandri.

Pada kesempatan ini juga Janri Lauren tidak lupa mengucap syukur kepada Tuhan, dimana berkat karunia Tuhan dapat berkumpul di SMA YP. HKBP  untuk menyambut bapak guru DR. Mark Rothensee sebagai guru yang ditempatkan dari kementerian pendidikan Jerman melalui ZfA se-Asia yang berkedudukan di Hanoi  Vietnam.

“Seiyogianya juga hari ini turut hadir  Mr Richard namun beliau ada halangan dan akan menyusul datang segera bergabung di SMA YP HKBP”ujar Jandri.

Juga kata Jandri bahwa kerjasama antara menteri pendidikan Jerman melalui ZfA zona Asia pihaknya telah menandatangani MoU DSD program kooperation 14 September 2020  yang lalu. “Kerjasama ini tidak jadi begitu saja, tetapi kerjasama ini terjadi sungguh sangat panjang melalui penilaian yang ketat serta melalui pengawasan yang ketat dari kementerian pendidikan Jerman. Di SMA HKBP ini sebenarnya sudah kita buka pelajaran bahasa Jerman mulai tahun 2013 berkat kerja keras guru kita disekolah ini bisa mengangkat nama sekolah sampai ke Jerman,” terangnya.

Sehingga pada tahun 2014 Dubes Jerman datang kesekolah  tanpa kita undang dan melihat bagaimana  bahasa Jeman itu diajarkan disekolah.

“Seiring berjalannya waktu saya diundang Dubes Jerman ke Jakarta beserta tim rapat selama 2 hari di Dubes Jerman. Dalam hal ini sekolah SMA YP HKBP dipilih menjadi salah satu kandidat Kemenlu kemudian berjalan pada tahun 2020 kita me jadi mitra SMA YP. HKBP dengan kementerian pendidikan Jerman”.ucapnya.

Jandri juga berharap semoga kedepan dengan kehadiran DR. Mark Rothensee bisa meningkatkan kemajuan sekolah SMA YP HKBP, DR Mark bekerja sebagai guru dengan kontrak 2 tahun namun kerjasama kita dengan kementerian pendidikan Jerman tidak ada batas waktu dengan arti sepanjang SMA HKBP dan seluruh stakeholder yang ada didalam bisa melanjutkan program ini yaitu mengantar lulusan sekolah ini untuk bisa kuliah di Jerman.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Siantar James Andohar Siahaan yang diwakili KASI SMA Drs.Hamonangan Aruan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinginya pada Kepala SMA YP HKBP Pematangsiantar atas upaya yang dilakukan hingga dapat mendatangkan Guru Bahasa Jerman DR Mark Rothensee.

“Semoga dengan datangnya guru dari jerman ini bisa bermanfaat bagi anak didik, hal ini jangan hanya serimonial saja kita mau ada action, ada tindak lanjutnya juga ada aut put yang didapat, minimal 80 persen anak didik dapat berbahasa jerman”.tegas Aruan.

Juga kata Aruan, bahwa pihaknya dari Cabdis Siantar siap mendukung kegiatan tersebut dan membantu demi kemajuan SMA YP HKBP.

Turut dihadir dalam acara Cabdis Siantar diwakili Drs. Hamonangan Aruan, ketua YP. HKBP Pematangsiantar dr. Flora Maya Damanik, Mars, pimpinan BPP HKBP  yang diketuai oleh Devi Panjaitan Simatupang diwakili oleh Dr. Erika Pardede, Kadep Diakonia HKBP Pdt. Debora Sinaga, preases distrik V Sumatera Timur Pdt. M. Silitonga, Dekan FIP Nomensen Pematangsiantar, alumni SMA YP. HKBP Pematangsiantar, Biro Zending HKBP beserta orangtua. (Toni Tambunan) 

Share.

About Author

Leave A Reply