Masyarakat Diminta Campur Sendiri Disinfektan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Juru bicara Pemerintah Daerah penaggulangan virus Corona, M. Imron meminta masyarakat mencampur sendiri bahan untuk penyemprotan sekitar rumah. Untuk mencegahan masuknya corona virus desiase (COVID-19). Menurutnya, disinfektan dalam kemasan pabrikan terlalu mahal, sehingga diminta mencampur sendiri untuk menghemat anggaran.

” Caranya sederhana sekali, tidak terlalu rumit. Bisa menggunakan bahan yang digunakan setiap hari. Contohnya pemutih seperti bayclin. Bisa juga menggunakan pembersih lantai,” kata Imron, di Kantor Pemerintah Daerah Bondowoso, Jawa Timur, seusai mengikuti acara pembacaan Maklumat oleh Forum Koordinasi Daerah, Rabu (25/3).

Imron menerangkan, dua takar sendok makan, cukup dilarutkan dengan satu liter air. Sebagai bahan untuk menyemprot rumah. Takaran  itu bisa ditambah, jika ingin memperbanyak bahan untuk penyemprotan.

“Kalau mau membuat 2 liter, berarti bahan yang dicampurkan 4 takar sendok makan,” ujarnya.

Imron menyampaikan, penyemprotan tidak boleh dilakukan sembarangan. Penyemprotan dilakukan pada permukaan lantai maupun tempat yang dinilai rawan dipegang sebagai salah satu pemicu penularan virus Corona.

“Lebih banyak tangan yang terkontaminasi. Jadi, penyemprotan dilakukan di area yang sering dipegang. Seperti pegangan pintu, kursi, dan lain sebagainya,” terangnya.

Imron juga meminta, masyarakat bisa memotong penularan virus Corona. Salah satu cara, tidak membawa masuk sepatu yang habis dipakai. Selain itu, menyediakan tempat cuci tangan diluar rumah.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply