Sidik: Perlu Kerja Nyata Penanganan Covid-19

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Masyarakat diharapkan ada kerja sama yang nyata dalam penanganan covid-19. Seperti dengan penyampaian ketransparan data covid-19 secara real time yang bertujuan melibatkan masyarakat dalam penanganan PDP/ODP, baik membantu dalam isolasi, maupun membantu dalam penyediaan logistik keluarga PDP/ODP.

“Artinya, dengan melibatkan masyarakat bertujuan agar supaya meringankan beban para petugas medis dan Rumah Sakit yang cenderung sudah penuh oleh PDP,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, Senin (23/3).

Dia menjelaskan, bahwa sekarang ini warga sudah banyak yang menerima info PDP maupun terkonfirmasi langsung dari pihak lain. Mungkin sudah saatnya menerapkan transparansi data Covid-19 ini. Karena masyarakat sekarang sudah paham dan tidak panik dengan situasi sekarang, mereka melakukan isolasi secara mandiri maupun isolasi komplek perumahan seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa RW dan perumahan di Depok.

“ Jadi, dengan mengetahui data tersebut, selain tetap waspada, warga juga berempati membantu keluarga untuk memenuhi kebutuhan logistik selama masa isolasi,” jelas Sidik.

Sidik menegaskan, bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan uji coba Telemedis melalui 112 bebas pulsa untuk mendukung kebutuhan warga berkonsultasi tentang covid-19. Jadwal dokter sudah disusun saat ini dan dampaknya akan lebih mengurangi beban petugas medis dan RS yang sekarang ini sudah penuh.

“ Jadi, semoga mulai hari ini akan diimplementasikan dan nomor 112 dapat difungsikan sebagai telemedis bila diperlukan untuk konsultasi warga, dan dokter IDI sudah siap membantu mendukung program telemedis ini,” tandas penggemar kopi racikan itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply