Kapolda Jatim Gelar Razia Beberapa Tempat Keramaian Antisipasi Covid-19

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SURABAYA – Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan personel kepolisian bakal menindak tegas pihak yang masih membuat acara dan melibatkan banyak orang di tengah wabah virus corona (Covid-19). Hal itu dia ungkapkan lewat Maklumat Kapolri Mak/2/lll/2020.

Menindaklanjuti maklumat Kapolri, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur bersama Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetija Boedi, Sekda Propinsi Jatim Heru Wahyudi, Forum Forkopimda, menggelar razia di sejumah tempat keramaian.

Dikatakan Kapolda Jatim, razia ini merupakan tindak lanjut rapat bersama Pangdam V Brawijaya dan Gubernur Jatim tadi siang. Menurutnya kegiatan razia ini untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran virus Corona.

“Kegiatan ini menindaklanjuti hasil rapat tadi siang, dan menindak lanjuti maklumat Kapolri yang sudah disampaikan dan diperintahkan kepada seluruh Polda, seluruh jajaran di seluruh Indonesia,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Senin (23/3) malam.

Pantauan di lokasi, Senin 23 Maret 2020 pukul 22.00 WIB, puluhan personil itu mulai bergerak dari Mapolda Jatim, Petugas gabungan ini bergerak menyusuri sejumlah jalan di Surabaya, dan kemudian berhenti di salah satu lokasi, dimana biasanya tempat berkumpulnya warga, yakni di Cafe Rolag, dan Taman Bungkul, Surabaya.

Dalam razia tersebut petugas gabungan telah membubarkan kerumunan massa di beberapa tempat warung kopi (warkop) dan Cafe. Yakni, cafe Rolag jalan Prapanca Surabaya. Sentra Pujasera Rusun Jalan Urip Sumoharjo Surabaya, dan Taman Bungkul Jalan Raya Darmo Surabaya.

“Makanya kami disini melakukan menghimbau kepada masyarakat untuk berada dirumah, dan tidak melakukan konvoi, bahkan cangkruan ditempat umum,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Pembubaran kerumunan massa ini menindak lanjuti Maklumat Kapolri guna mencegah berkembangnya Covid – 19 dan meminimalisir bertambahnya korban serta menghimbau masyarakat segera kembali ke rumah masing – masing.

Kapolda juga menjelaskan, Karena kita ketahui bersama bahaya virus ini terus bertambah korban di jawa timur. Berdasarkan data di Jawa Timur per hari ini jumlah orang dalam pengawasan (ODP) sudah mencapai 1400 orang lebih. Untuk itu, sekali lagi Kapolda menghimbau agar masyarakat untuk tetap berada di rumah.

“Yang ODP di Jatim perhari ini 1400 lebih, makanya malam hari ini saya akan melakukan bersama Pak Pangdam, gabungan TNI dan Forum Forkopimda, masuk ke tempat-tempat yang memang tempat Nongkrongnya anak muda,” lanjut Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Razia tim gabungan ini mendapat respon baik dari masyarakat. Terlihat masyarakat yang berkumpul di warung kopi, dan taman bungkul membubarkan diri karena adanya imbauan ini. Setelah masyarakat meninggalkan tempat, kemudian petugas melakukan penyemprotan cairan Desinfektan terhadap tempat tersebut.  

HOLD

Share.

About Author

Leave A Reply