Polres Bondowoso Ikuti Aksi Reboisasi di Gunung Suket Ijen

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz turut ambil bagian dalam kegiatan Serangan Reboisasi, yang dilaksanakan kegiatan atas sinergitas, Polres, Kodim 0822 dan Forum Reboisasi.

Kegiatan dimaksud dilaksanakan dengan menanam sekitar 6.000 bibit pohon di Lereng Guhung Suket, Dsn. Mlaten Desa Jampit Kec. Ijen Kab. Bondowoso tepatnya petak 91, 92, 99 dan 99 Kawasan Perhutani KPH Bondowoso BKPH Sukosari RPH Dataran Ijen.

Kapolres Erick Frendriz, menerangkan bahwa kegiatan dilaksanakan karena hilangnya fungsi penyangga kawasan hulu pada hutan di lereng Gunung Suket karena sebagian sdh terjadi alih fungsi hutan.

Salah satu akibatnya yakni terjadinya bencana alam banjir bandang di Desa Sempol dan Desa Kalisat pada tanggal 29 Januari 2020.

” Ini adalah salah satu upaya mengembalikan fungsi hutan penyangga pada kawasan hulu sehingga diharapkan kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah bibit pohon yang ditanam adalah sekitar 6.000 tanaman campuran yang didapatkan dari sumbangan masyarakat secara sukarela diantaranya adalah Juwet, Kersen, Mahoni, Trembesi, Alpukat, Lamtoro, Cemara, Sengon, Pete, Manting, Sirsat, Jambu dan sebagainya.

“Semuanya swadaya dari para peserta yang hadir,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan, Nota Kesepahaman yang berisi deklarasi Serangan Reboisasi 1 Maret 2020 dan komitmen bersama menjaga kelestarian kawasan Gunung Suket dan Ijen sebagai benteng ketahanan ekologi, ketahanan bencana, ketahanan ekonomi dan antisipasi terhadap global warming.

Adapun, nota kesepahaman masyarakat Bondowoso dalam aksi serangan reboisasi 1 Maret 2020 ditanda tangani oleh. Kapolres Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso, Perhutani KPH Bondowoso, Pemkab Bondowoso dan Forum Reboisasi.

Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf. Jadi, dan dihadiri juga oleh Asisten 1 Pemkab Bondowoso, Manager PTPN XII Kalisat-Jampit; Adm. Perhutani KPH Bondowoso diwakili PHBM Perhutani, Dan Kompi 3 Bataliyon B Satbrimobda Polda Jatim, Wa Danyon Inf 514/SY Raider.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply