Idris: Turap Jebol, Dinas Terkait Lakukan Penanganan Serius

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Luapan air tidak bisa lagi dihindari, mengingat hujan yang terus menerus mengguyur sejak siang, dan mengakibatkan banjir yang meredam Perumahan Tirta Mandala RT 04/018, Kelurahan Sukamaju, Cilodong setinggi 50 Cm.

“ Benar, terjadinya banjir di lingkungan RT 04/018 akibat adanya turap tembok atau turap milik warga yang ambrol hingga puing menutupi aliran air di badan Kali Jantung.

” Jadi, saya berharap dinas terkait untuk bersama-sama melakukan penanganan secara serius, untuk segera mengatasi banjir dan penyelesaian harus segera dilakukan agar banjir tidak meluas,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris, didampingi DPUPR Kota Depok, Sabtu (15/2), di lokasi longsor.

Dia juga sangat mengapresiasi kinerja Perangkat Daerah (PD) dan instansi terkait dalam melakukan penanganan banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala.

“Terima kasih atas gerak cepat pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Polsek, Koramil, Tim Damkar serta warga dalam melakukan penanganan banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala,” ucap Idris.

Idris menambahkan, bahwa curah hujan yang tinggi banyak memberikan manfaat dan hikmah. Namun, perlu juga diperhatikan terkait pembangunan turap tebing dan turap sungai agar sesuai dengan ketentuan dan proses perizinannya.

“Artinya, dengan masalah jebolnya turap milik warga hingga menutup badan Kali Jantung, tidak lepas dari persoalan perbatasan wilayah dan penanggannya harus dilakukan secara kolaboratif dan komprehensif, tidak parsial,” imbuh orang nomor satu di Kota Depok itu.

Ditempat yang sama, Bahtiar Ardiansyah selaku Kasi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok menerangkan, bahwa pihaknya masih terus melakukan pembersihan material longsor secara manual dibantu dengan Tagana, PMI, Koramil dan warga sekitar.

“ Jadi tim dari DPUPR, sebanyak 20 anggota Satgas dikerahkan untuk membantu anggota dari Polsek, Polres, Koramil, PMI dan Tagana. Selanjutnya membantu alat berat tiba di lokasi di malam hari guna membersihkan puing di dasar Kali Jantung tersebut,” pungkasnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply