Cegah Karhutlah, Dandim 0105 Aceh Barat Turun Langsung Tinjau Lokasi Lahan Berpotensi Karhutla

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MEULABOH – Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd meninjau lokasi lahan yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat pencegahan Karhutla di wilayah Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Jum’at (14/2).

Dalam peninjauan itu, diikuti juga Wakapolsek Johan Pahlawan, Ipda Fahri Naldi dan Batituud Koramil 07/ Johan Pahlawan personel Polsek Johan Pahlawan, personel Koramil 07/ Johan Pahlawan dan Aparat Desa setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0105/Aceh Barat mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan maupun hutan karena mengakibatkan polusi udara dan mengganggu kesehatan masyarakat.

Dihadapkan dengan Kondisi cuaca saat ini sering panas atau terik sehingga mudah lahan terbakar dikarenakan lahan di Wilayah Kabupaten Aceh Barat merupakan lahan gambut.

Dandim mengatakan, TNI dan Polri saat ini gencar melaksanakan sosialisasi dan patroli diwilayahnya yang bertujuan mencegah Karhutla di Wilayah Kabupaten Aceh Barat, serta saya mengharapkan kepada masyarakat bersama sama peduli untuk melaksanakan pencegahan Karhutla.

“Kalau seandainya melihat tanda kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) segera memberitahu kepada Babinsa dan Babinkamtibmas yang nantinya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk menangani Karhutlah.

Hal ini dilakukan agar terhindar dari bencana kebakaran, karena dampaknya multi efek, terutama kesehatan bagi masyarakat banyak,” tegas Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd.

Dandim menghimbau kepada Aparat Desa dan Babinsa serta Babinkamtibmas agar bekerjasama untuk mendata Pemilik Lahan yang rawan kebakaran. “Setelah didata pemilik lahan nantinya akan diberi sosialisasi pencegahan Karhutla, agar masyarakat bijak dalam mengelola kebun maupun lahannya.” pesan Dandim.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply