Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes KSASN

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, SAMARINDA – Bersepeda menjadi salah satu olahraga rutin yang dilakukan prajurit TNI dan PNS dari Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN). Bersepeda atau yang kerap disebut gowes dilakukan sepekan dua kali, dihari Rabu dan Jumat. Start dan finish dilakukan di Sport Center Korem 091/ASN, Jalan Awang Long.

Rute dan jarak gowes selalu berubah-ubah setiap penyelenggaraanya. Bahkan, rute gowes juga dikombinasikan dengan track aspal, serta tanah.Tak jarang rute gowes juga melewati sejumlah jalur extrem, tanah berlumpur, perbukitan, hingga melintasi sungai kecil. Namun demikian, setiap pelaksanaanya selalu berjalan dengan aman, tanpa kendala.

Gowes tersebut tidak hanya diperuntukan bagi anggota TNI maupun PNS dijajaran Korem 091/ASN, namun juga diperuntukan bagi masyarakat umum. Kali ini Kasi Ren (Kepala Seksi Perencanaan) Korem 091/ASN Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, S.IP. memimpin langsung jalannya gowes KSASN (Komunitas Sepeda Aji Surya Natakesuma) di Spot Center Jln. Awang Long Samarinda, Jum’at (7/2).

Pada gowes hari ini, rute yang diambil berjarak 25 Km, meliputi Jalan Awang Long, Taman Samarendah, Jalan Bhayangkara, Jalan Pahlawan, Jalan dr Sutomo, Jalan M Yamin, Jalan Wahid Hasyim I, Jalan Wahid Hasyim II, Perumahan Sempaja Lestari Indah (SLI), Jalan Bukit Salam, Ring Road, Jalan Lempake Tepian, Gunung Lingai, Jalan Lempake Jaya, Jalan Gunung Kapur, Jalan Poros Kebon Agung, Jalan DI Panjaitan, Jalan Bukit Alaya, Jalan A Yani, Jalan Hasan Basri, Jalan AM Sangaji, Jalan Agus Salim, Jalan Basuki Rahmat, Taman Samarendah dan Jalan Awang Long.

Kepala Penerangan (Kapen) Korem 091/ASN, Kapten Arh Azrul Azis menerangkan, selain untuk kesehatan, gowes tersebut juga dilakukan sebagai salah satu sarana silaturahmi antar sesama Prajurit, dan PNS, serta bentuk komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat.

“Tentu untuh kesehatan, ini sebagai salah satu olahraga yang rutin dilaksanakan. Disamping itu juga untuk silaturahmi, dan menjalin konunikasi yang baik dengan masyarakat,” tuturnya,

“Gowes ini untuk umum, tidak hanya untuk Prajurit. Jadi, masyarakat lainnya bisa ikut serta,” sambungnya.

Setiap peserta gowes diharapkan membawa alat dan kelengkapan sepeda masing-masing, helm, sarung tangan, termasuk ban cadangan.

Bagi masyarakat, maupun klub sepeda yang ingin partisipasi pada gowes tersebut, dapat langsung ke Sport Center Korem 091/ASN sebelum pukul 06.30 Wita, karena start dimulai tepat pada pukul 06.30 Wita

Bahkan, penyelenggara juga menyiapkan satu unit ambulance lengkap dengan petugas medis, serta alat kelengkapannya guna memberikan pertolongan pertama kepada peserta gowes yang mengalami insiden, maupun yang tidak kuat melanjutkan gowes.

Sesudah gowes, penyelenggara menyediakan makanan ringan, berupa kue tradisional, singkong, jagung, serta jajanan ala pasar lainnya. Air mineral dan teh hangat juga disediakan untuk para goweser.

Sumber: Penrem 091/ASN

Share.

About Author

Leave A Reply