Seminar Parsadaan Toga Gultom Wujudkan Gultom Marsada

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Parsadaan Toga Gultom Sedunia (PTGS) dan Punguan Toga Gultom Sejadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi) sukses mengadakan Seminar Sehari Marga Gultom dengan thema : “Gultom semakin Bersatu, Semakin Maju, Teguh & Jaya “ di Hotel Park Cawang , Jakarta Timur, Jumat (13/12).

Dengan semangat kebersamaan untuk maju membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul Pomparan Toga Gultom dengan antusias datang dari Medan, Bandung, Surabaya ditambah kehadiran Punguan Toga Gultom SE Jakarta Raya, Bekasi, Depok, Tangerang dan Prov. Banten, sebagai tuan rumah membuat Susana seminar semakin hidup dan akrab.

Pendekatan religius yang disampaikan para narasumber sebagai pengantar materi seminar yang disampaikan membuat suasa seminar seperti beribadah di gereja. Meskipun sesungguhnya Pomparan Toga Gultom yang hadir pada saat itu ada yang beragama Muslim dan agama Parmalim (partali-tali bontar), dapat dirasakan manfaat yang dalam dari seminar.

” Saya bangga dengan adanya Parsadaan Toga Gultom Sedunia! Dengan adanya Parsadaan Toga Gultom Sedunia ini maka hubungan komunikasi antar Pomparan Toga Gultom dari seluruh belahan dunia semakin dekat, erat dan bersahabat. Dingding-dingding pemisah, laut pemisah dan bahkan benua yang terpisah akan menjadi dekat dengan adanya Parsadaan Toga Gultom,” ujar Ir. Manogang Gultom saat membuka seminar selaku Ketua Umum Parsadaan Toga Gultom Sedunia.

Manogang mengungkapkan bahwa banyak marga Gultom yang pintar namun sejauh ini belum ada yang menjadi menteri, gubernur, Kapolri, Jaksa Agung, Ketua DPR dan lain sebagainya.

“Kita tidak perlu malu mengakui keberadaan kita saat ini. Kita memang harus mengakui ketertinggalan kita dengan margamarga lainnya. Tetapi saya berharap dan memiliki impian yang kuat bahwa dengan menyadari ketertinggalan kita dengan margamarga lain saat ini justru yang akan menjadi pemicu semangat kita untuk maju. Kita harus memulai, kita harus berbuat, kita harus bertindak. Inilah cibal bakalnya, saat ini Vandiko Timotius Gultom sudah maju dan harus menang,” pungkas sang ketua PTGS.

Pada seminar itu panitia Ir. Ober Gultom mengundang Pembicara Pakar dari marga Gultom seperti Pdt Gomar Gultom, MTh, selaku Ketua Umum Persatuan Gereja Indonesia (PGI) yang baru dilantik berbicara mengenai : “Tradisi dan Milenial marga Gultom “, pengarang buku Bersyukur Dalam Karya dan penerima apresiasi penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo baru baru ini.

“Saya menghimbau agar marga Gultom hendaklah merendahkan hati untuk dapat diangkat dan diberkati Tuhan agar terwujud seperti thema “Toga Gultom Marsada & Maju”. Saya melihat bahwa untuk mengaktifkan generasi minelial dalam membangun SDM marga Gultom harus dilibatkan langsung dan melihat langsung Bona pasogit sehingga mereka tahu apa yang akan diperbuat,” ujar Pdt. Gomar.

Dia mengatakan bahwa anak zaman sekarang sulit diajak pulang kampung atau rindu Bona Pasogit. Itu disebkan hidup anak minelial ini adalah kehidupan dunia Maya yang mampu menjelajahi seluruh dunia dari ruang kamarnya yang sempit hanya dengan handphone nya. Sehingga menjadikan dirinya seolah asing dengan dunia nyata.

Sementara pembicara pakar kedua yakni Dr. Binsar Gultom, SH, SE, MH yang saat ini Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi (PT) Banten memaparkan “penegakan hukum yang berkeadilan” yang dirasa sangat perlu di ketahui oleh keluarga marga Gultom.

Selain Pembicara Pakar, turut juga para Ketua Pengurus Punguan par Oppu Oppuan di Toga Gultom seperti Huta Toruan, Huta Pea ( yang diwakili dari Tumonggopulo, Namoralotung, Namorasende dan Datu Tambun ), Gultom Huta Bagot dan Gultom Huta Balian menyampaikan tekatnya dan menyatakan Semakin merekatkan hubungan antar parompuompuan terlebih dalam kesatuan hati: sisada anak sisada Boru didalam pelaksanaan adat Batak.

Terlihat para pembicara lain seperti : Marsekal Muda ( Purn ) DR Potler Gultom, SH,MM menyampaikan Sumbar Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul, SDM Gultom Unggul, Gultom Maju.

Moderator pada acara itu adalah: Ir. Ober Gultom, MT, Dr. Lasmaida br. Gultom SE MBA, Mangara Gultom, SE, MM, Reddy Z Gultom, SH, Mhum dalam kesimpulannya; seminar dengan memberikan apresiasi penghargaan kepada para pembicara dan membuat suatu momentum deklarasi kesepakatan bersama untuk Toga Gultom semakin Bersatu Maju, Teguh dan Jaya di pimpin oleh Ketua Umum DPP Parsadaaan Toga Gultom Sedunia Ir. Manogang Gultom, MSc, dan ketua Umum Punguan Toga Gultom dohot Boruna Sejabodetabek Drs. Kadir Gultom, Ak.

Sebagai wujud langkah ke depan akan dilaksanakan Pesta Bona Taon Toga Gultom dohot Boruna pada bulan Maret 2020 yang di Ketuai oleh Drs. Armyn Gultom, MSc dan Sekum : John Pieter Gultom, SE, Ak, MM.

Acara seminar juga disuguhi hibur artis Batak & pencipta lagu Batak , Tagor Tampubolon dan Nauli Sister. Dan pada saat acara sedang berlangsung Tagor Tampubolon atas permintaan Ir. Ober Gultom menciptakan Lagu : “Gultom Marsada” yang langsung dinyanyikan dengan gembira pada akhir acara PKL 22.00 Wib.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply