Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Pembinaan Wasbang Bersama Komponen Masyarakat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BOJONEGORO –    Dalam rangka membina dan membentuk komponen masyarakat yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Kebhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara, Kodim 0813 Bojonegoro menyelenggarakan pembinaan wawasan kebangsaan, di Gedung Ahmad Yani Makodim setempat, Rabu (13/11).

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, dalam sambutannya yang bacakan Kapten Inf M. Suko Maulana menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dilaksanakan untuk membentuk fisik dan mental serta kepribadian yang baik, dan membentuk sifat kesetiakawanan sosial yang tinggi di seluruh kalangan masyarakat.

“Sehingga akan tumbuh nilai-nilai kedisiplinan, rasa tanggungjawab, pantang menyerah, kerjasama dan kewaspadaan diri yang tinggi dikalangan masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan ini, juga untuk menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Salah satunya melalui upaya pemberdayaan potensi sumber daya manusia, agar mampu mengatasi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

“Karena wawasan kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah. Wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa diatas kepentingan individu atau golongan,” tandasnya.

Turut dalam kegiatan Wasbang diantaranya organisasi kemasyarakatan Hipakad, PPM, FKPPI, Perguruan Silat PSHT, PS IKS, Pagar Nusa, Kesbang Linmas, Mahasiswa Unigoro, AKN, IKIP PGRI, Akes Rajekwesi dan Komponen masyarakat lainnya.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan materi-materi outbound yang bersifat menanamkan kedisiplinan, kekompakan, kerjasama dan semangat pantang menyerah diantaranya water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, buldozer, bola tali dan holahop.

RED

Share.

About Author

Leave A Reply