Ketua DPRD Pimpin Paripurna Tentang Pandangan Umum Fraksi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, Yusuf Syahputra didampingi Wakil Ketua DPRD Yeti Wulandari, Hendrik Tangke Allo dan Tajudin Tabri pimpin langsung sidang paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD tahun 2020 dan jawaban Wali Kota Depok, pada Senin (4/11), di Gedung DPRD Depok, Jawa Barat.

Dalam sidang paripurna tentang pandangan umum ini, sejumlah fraksi mengkritik dan saran serta masukan terhadap Raperda APBD 2020 tersebut. Seprti, Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan Endah, memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap berbagai capaian Pembangunan Pemerintah Kota dalam kurun waktu beberapa Tahun ini.

” Namun, kami memberikan tanggapan serta beberapa catatan penting dalam Sidang Paripurna kali ini. Jadi, pada kesempatan tersebut, Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan juga menyampaikan tiga poin dalam Nota Keuangan dan Rancangan RAPBD Kota Depok tahun anggaran 2020. Yakni, DPP meminta agar Pemerintah Daerah Kota Depok mengoptimalkan langkah konkrit terkait penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dan melakukan penguatan program dengan memperhatikan keterkaitan antara pendanaan dengan keluaran dan hasil yang diharapkan.

“Selanjutnya kedua, Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan meminta agar dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean governance) sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku, maka pemerintah daerah hendaknya mampu membuktikan kinerja secara nyata dan transparan,” ujar Endah.

Yang ketiga, Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan meminta kepada Pemerintah Daerah Kota Depok dalam mengusulkan program dan kegiatan dalam APBD 2020 hendaknya senantiasa harus dilakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan APBN.

Sehingga terhindar dari duplikasi atau tumpang tindihnya suatu kegiatan yang didanai dari berbagai sumber.

“Untuk itu, kami berharap Nota Keuangan dan Rancangan RAPBD ini dapat menjawab kebutuhan, masalah, tantangan dan kondisi saat ini maupun yang akan datang, serta menjadi instrument dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi Kota Depok pada akhirnya,” papar Endah dihadapan Walikota dan Wakil Walikota Depok.

Sementara itu, Mohammad ldris selaku Walikota Depok dalam pembacaan jawabannya, bahwa Pemerintah Kota Depok terus menerus mengoptimalkan pencapaian Pendapatan Daerah melalui perbaikan sistem dan menejemen keuangan daerah, perhatian akan potensi pendapatan asli daerah, peningkatan disiplin wajib pajak dalan pelaporan dan pembayaran, dan peningkatan kualitas SDM Pengelola antar kota.

“Artinya, akan terus melakukan perhatian pada sumber-sumber PAD yang potensial. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas masukan dari pandangan umum dan saran pimpinan DPRD Kota Depok serta para Fraksi yang akan menjadi masukan sangat berharga. Untuk selanjutnya akan diformulasikan dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2020,” ucap orang nomor satu di Kota Depok itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply