International Conference on Counselling and Behavioural Science (ICCoBS) IBKS 2019

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah (IBKS) bersama dengan Majelis Guru Kaunseling Kebangsaan (MGKK) Malaysia, belum lama ini melakukan perjanjian kerjasama atau MoU pada acara International Conference on Counselling and Behavioural Science (ICCOBS) 2019 bertempat di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung A. Lantai 3, Jakarta Pusat. Acara ini disaksikan langsung oleh Dirjen GTK, ketua Umum PB. ABKIN, Dewan Penasehat ABKIN, Dinas Pendidikan Provinsi DKI juga Kementerian Malaysia, Senin (7/10).

Pembukaan acara ICCOBS 2019 ini dimulai dengan pemukulan Gong secara bersama-sama oleh Mendikbud GTK yang diwakili oleh DR. H Supriano, Kementrian Malaysia , Dinas Pendidikan Provinsi DKI diwakili oleh DR.H.Husin, Narasumber yg juga Dewan Penasehat PB.ABKIN dan Ketua Pusat IBKS.

Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah, Indonesia (IBKS) yang merupakan salah satu Divisi ABKIN menyelenggarakan seminar, workshop, dan program ilmiah peningkatan profesionalisme dalam disiplin ilmu Bimbingan dan Konseling dengan Ketua Panitia Dra. Hj. Naniek Krishnawati,M.Pd.,Kons ini mengambil tema Menyiapkan Guru BK memasuki Abad ke 21 di Era Industri 5.0.

Bidang Bimbingan dan Konseling memerlukan nilai tambah serta jaringan kerja sama yang baik dan luas untuk meningkatakan  profesionalisme. Kualitas profesi dan martabat guru bimbingan dan konseling di Asean khususnya Guru bimbingan dan konseling di sekolah. Salah satu usaha perlu dirancang untuk mencapai tujuan tersebut dengan disiplin ilmu bimbingan dan konseling yang merangkumi teori dan praktis konseling dalam memahami tingkah laku peserta didik. Usaha ini diharapkan akan dapat meningkatakan pengetahuan dan dalam bidang bimbingan dan konseling memasuki Era Industri 5.0 di bad ke-21.

Dra. Tuti Sukarni M.Si..Kons sebagai Ketua Pusat IBKS se Indonesia bersama H.Ismail Hasyim, Ketua Majelis Guru Kaunseling Kebangsaan Malaysia (MGKK) melakukan penanda tanganan perjanjian kerjasama atau MoU antara IBKS dengan MGKK, Malaysia disaksikan oleh Haji. AB Rahim.

Ketua IBKS Pusat, Dra. Tuti Sukarni M.Si.,Kons dalam keterangannya mengatakan “Kerja sama IBKS dengan MGKK Malaysia ini dalam bentuk seminar dan pelatihan, jadi kerjasama ini dilakakan untuk tujuan peningkatan dan pengembangan profesi tenaga pendidik Bimbingan Konseling di Sekolah melalui kegiatan seminar dan Workshop. Acara ICCOBS 2019 ini terselenggara berkat kerjasama IBKS dengan PPPPTK Penjas BK Parung Bogor”.

Ketua IBKS ini juga menjelaskan bahwa acara Seminar dan Workshop ICCOBS 2019 mengangkat tema “Kebersamaan dalam Keragaman menuju Kualitas Bimbingan dan Konseling Era Industri 5.0”. Acara ICCOBS 2019 ini berlangsung selama dua hari tanggal 7-8 Oktober 2019 berlangsung di dua tempat. Hari senin tanggal 7 Oktober 2019 Seminar dan Workshop dilaksanakan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung A lantai. 3 sekaligus penandatanganan kerjasama antara IBKS dengan MGKK, Malaysia. Kemudian untuk hari ke dua tanggal 8, Oktober 2019 Seminar dan Workshop dilaksanakan di Lab Bimbingan dan Konseling PPPPTK Bogor, Jawa Barat.

“Sasaran kita dengan menyelenggarakan Kegiatan ICCOBS 2019 ini adalah untuk memberikan knowled kepada para guru-guru BK di Indonesia, Guru-guru BK di Malaysia dan Juga Guru BK di Negara ASEAN. Antusiasme para guru BK baik di Indonesia dan Malaysia untuk mengikuti acara ini sangat baik, sekitar 300 peserta ikut dalam acara ICCOBS 2019 ini.” kata Tuti Sukarni ketika ditemui seusai menandatangani MoU atau perjanjian kerjasama antara IBKS dengan MGKK, Malaysia.

ICCOBS 2019 ini juga menghadirkan beberapa narasumber sebagai pembicara pada acara seminar dan workshop, diantara hadir Prof. Dr. Wan Marzuki Bin Wan Jaafar (President, Board of Counsellor Malaysia), Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), Tn. Hj. Ab Rahim Othman (Counselling and Discipline Division, Ministry of Education Malaysia), Dr. Ma. Cristina Esquivel-Saldivar, RGC, Rpsy (President, Association of Psychological and Educational Counselors of the Asia Pacific, Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd. Kons.

Acara ICCOBS 2019 yang berlangsung selama dua hari berjalan dengan sukses dan lancar, 110 orang peserta dari Malaysia dan 187 peserta Guru dan Dosen BK dr 25 Provinsi merasa puas dan berkesan dengan seluruh rangkaian acara. Kegiatan terakhir di P4TK Penjas BK, juga sangat menarik karena peserta melihat langsung Laboratorium Bimbingan dan Konseling yang dibangun oleh Bpk.DR.Yaswardi sebagai Kampus dengan BK Humanis. Semoga acara ini bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi bagi para guru-guru Bimbingan Konseling baik di Indonesia maupun di Malaysia.

EDISON MUNTHE

Share.

About Author

Leave A Reply