Koorsahli Kasal Pimpin Upacara HUT Ke-74 TNI

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksamana Muda TNI Anwar Saadi, S.H., selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Upacara yang dilaksanakan di lapangan apel Mabesal, Cilangkap tersebut dilaksanakan secara sederhana namun khidmat, dan diikuti oleh seluruh personel Mabesal, baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI Angkatan Laut yang berdinas di jajaran Mabesal. Upacara peringatan HUT ke-74 TNI secara serentak juga digelar oleh satuan-satuan TNI diseluruh Indonesia.

Dalam amanatnya Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Koorsahli Kasal antara lain menyampaikan rasa bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

“Sebagai alat negara, Tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang, jelas Panglima TNI. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara”, jelas Panglima TNI.

Diakhir amanatnya Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa.

Dalam waktu yang hampir bersamaan telah dilaksanakan pula acara puncak peringatan HUT ke-74 TNI dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo yang digelar di Taxy Way Echo Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Selain Presiden Jokowi, juga dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., beserta Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M.

RED

Sumber: Dispen AL

Share.

About Author

Leave A Reply