Iwan: Pedagang Sepakati Iuran Untuk Honor Petugas Keamanan dan Kebersihan

Iwan: Pedagang Sepakati Iuran Untuk Honor Petugas Keamanan dan Kebersihan


RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Ketua RT 04/04 Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, Iwan menerangkan bahwa keberadaan Pasar Koja di Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis sudah ada sejak tahun 1955. Maka hingga saat pasar Koja masih berjalan.

“Namun dengan keberadaan pasar tersebut, pemerintah enggan untuk mengelola pasar Koja. Seperti dengan kebersihan serta keamanannya, itu seluruh nya menjadi tanggung jawab warga setempat,” ujar Iwan kepada pewarta.

Iwan mengungkapkan, bahwa berdasarkan data yang dimiliki ketua RT sejak 2016, di Pasar Koja yang masuk dalam Lingkungan RT04/04 Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis terdapat 243 pedagang aktif.

” Jadi kami, tidak pernah mengundang dan menyuruh pedagang untuk berjualan di lingkungannya. Kalau mau ada kebijakan merapikan pasar silahkan, saya tidak menentang,” ucapnya.

Menurutnya, bahwa petugas kebersihan dan keamanan tidak digaji oleh pemerintah, sehingga kami mencari solusi dengan menerapkan iuran di Pasar Koja yang masuk di lingkungannya saja.

“Kami hanya menerapkan iuran kebersihan dan keamanan, terkait biaya lapak, diluar tanggung jawab kami, itu mereka menyewa langsung dengan pemilik lahan,” tutur Iwan.

Dia juga menjelaskan, bahwa dengan begitu pihaknya melakukan kesepakatan antara pedagang pasar, terkait pemberlakuan iuran kebersihan dan keamanan. “Jadi, kami telah melakukan kesepakatan dengan warga terkait masalah uang iuran kebersihan sebesar Rp2.000 dan keamanan Rp2.000,” jelas Iwan.

Iwan mengakui, bahwa iuran tersebut sebelum dirinya menjabat sebagai ketua RT, sudah ada. Itu berdasarkan kesepakatan antara warga dengan ketua RT. Jadi, untuk menjaga kawasan Pasar Koja, mau tidak mau ketua RT melibatkan sebelas orang petugas keamanan, dengan lima pesapon.

“ Jadi, pemerintah tidak mau tanggung jawab, begitu pula pihak UPT Pasar, sehingga masalah sampah di kawasan Pasar Koja menjadi tanggung jawab pengurus RT. Maka kami membuat kesepakatan dengan pedagang,” imbuhnya.

MAULANA SAID

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *