Menteri PANRB: Indonesia Peringkat Satu Dunia Pelayanan Publik Untuk Kedua Kalinya

Menteri PANRB: Indonesia Peringkat Satu Dunia Pelayanan Publik Untuk Kedua Kalinya


RadarOnline.id, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia mendapat penghargaan predikat peringkat pertama dunia dalam sistem pelayanan informasi publik. Hal itu dikatakan menteri pada acara jumpa pers di ruang media Center, lt I, Kantor KEMENPAN-RB, Rabu (14/08).

Syafruddin mengatakan bahwa keberhasilan ini adalah untuk yang kedua kali berturut turut, yakni tahun 2018 dan 2019. Oleh karena itu, dia berharap besar Indonesia selalu menciptakan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan agar pada tahun yang akan datang juga Indonesia tetap berada pada peringkat satu dunia.

Dua bulan yang lalu juga Indonesia menerima award peringkat terbaik dari PBB (Perserikatan bangsa-bangsa) atas pelayanan kesehatan dengan sistem palayanan di salahsatu puskesmas di Teluk Betung.

“Ini merupakan puncak dari upaya seluruh stokeholder dalam melakukan inovasi-inovasi pelayanan publik. Dan kemari kita telah merilis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Inovasi terbaik itu tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB No. 47/2019 tentang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019,” ujar Menteri yang didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa.

Kepmen PANRB itu diterbitkan setelah tidak adanya keberatan dari masyarakat mengenai Surat Pengumuman No: B/163/PP.00.05/2019 tentang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik KIPP 2019 di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemda, BUMN, dan BUMD. Berdasarkan Kepmen PANRB yang ditandatangani Menteri PANRB Syafruddin, sebanyak 19 kementerian, lima lembaga, 12 pemerintah provinsi, 41 pemerintah kabupaten, 21 pemerintah kota, dan satu BUMN, masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa menambahkan dan mengatakan terjadi cukup banyak kejutan dalam penyelenggaraan KIPP 2019 ini. Antusiasme dari instansi pemerintah dan BUMN/D meningkat dari tahun sebelumnya.

“Dalam KIPP 2019 ini terjadi beberapa kejutan, yakni tampilnya beberapa Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang sebelumnya absen, langsung masuk dalam jajaran Top 99,” ujar Diah.

THOMSON

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *