UPT BLK Jember Berikan Kesempatan Warga Bondowoso Untuk Ikut Pelatihan

UPT BLK Jember Berikan Kesempatan Warga Bondowoso Untuk Ikut Pelatihan

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jember memberikan kesempatan kepada warga Bondowoso untuk mengikuti pelatihan. Hal itu dikatakan oleh Kepala UPT BLK Jember, Sutrisno saat menggelar acara sosialisasi program pelatihan di Hotel Grand Padis.

Menurut Sutrisno, ada dua jenis pelatihan yang ditawarkan oleh UPT Jember. Pelatihan berbasis kompetensi dan berbasis masyarakat.

“Kalau pelatihan berbasis kompetensi kami lakukan di BLK Jember. Sedangkan, untuk pelatihan berbasis masyarakat bisa dilakukan dipondok pesantren atau di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),” kata Sutrisno seusai mengisi acara sosialisasi, Selasa (25/6).

Sutrisno menerangkan, selain tidak memungut biaya, pihak UPT menyiapkan beberapa fasiliatas bagi mereka yang mendaftarkan diri untuk ikut pelatihan. Seperti makan, pakaian kerja, uang transportasi, modul pelatihan dan bahan pelatihan. Program pelatihan yang ditawarkan, berlaku bagi seluruh Bakorwil 5.

Dijelaskannya, pihak UPT bukan hanya memberikan pelatihan. Namun, telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi. 

“Kami punya fasilitas penganggaran untuk dilanjutkan kepada sertifikasi. Jadi, mereka yang ikut pelatihan langsung mendapatkan legalitas sertifikat pelatihan, sekaligus sertifikasi kompetensi dari LSP,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bondowoso KH. Salwa arifin sangat mengapresiasi tawaran berupa pelatihan yang dilakukan oleh pihak UPT Jember.

Menurutnya, program pelatihan yang sistematis terarah dan berorientasi pada dunia usaha sangat diperlukan oleh warga Bondowoso.

SHODIQ

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *