Polda Metro Jaya Ungkap Ribuan Sabu Jaringan Malaysia-Indonesia

Polda Metro Jaya Ungkap Ribuan Sabu Jaringan Malaysia-Indonesia


RadarOnline.id, JAKARTA – Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Bea dan Cukai Tanjung Priok Jakarta Utara berhasil menangkap IM alias Sarintem, warga negara Indonesia. Penangkapan IM lantaran kedapatan menerima sabu seberat 5.283 kilogram dari Malaysia.

“ Barang tersebut dikirim menggunakan jasa pengiriman barang melalui jalur laut dan dibungkus dengan ember cat untuk mengelabui petugas,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya,  Kamis (14/6).

Kombes Pol Argo mengungkapkan, paket itu awalnya tiba di Indonesia tepatnya di Tanjung Priok, Jakut pada Selasa (2/4) lalu. Pengirim paket itu berada di Malaysia dan penerima tersangka IM berada di Pamekasan, Jawa Timur.

“Setelah mengetahui jika paket itu berisi sabu, polisi membiarkan kurir pengiriman paket untuk mengirimkan sabu itu ke tempat tujuannya. Hal itu dilakukan untuk memudahkan polisi menangkap tersangka,” terangnya.

Lalu, kemudian barang itu dibawa Jasa Pengiriman Indonesia melalui jalur kereta api dan barang tiba di Jawa Timur pada tanggal 2 April. “Barang itu diterima oleh pemilik, tersangka IM yang menerima dan menandatangani bukti pengambilan barang,” jelas Argo.

Dalam keterangannya, IM mengaku diberikan upah sebesar Rp 1 juta untuk menerima sabu dan menyimpan sabu untuk sementara waktu sembari menunggu perintah lainnya dari DPO Saliman. Kini, Polda Metro Jaya sedang berkoordinasi dengan kepolisian Malaysia untuk menangkap Saliman.

Para tersangka dikenakan pasal 113 Subsider 114 ayat (2) lebih subsider pasal 112 ayat (2) juncto 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dipidana dengan Pidana Mati.

ARF FSL

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *