FPKB Cecar Sejumlah OPD

FPKB Cecar Sejumlah OPD


RadarOnline.id, BONDOWOSO – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) mencecar sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada saat sidang Paripurna penyampaian Pemandangan Umum (PU) fraksi terhadap nota penjelasan Bupati Bondowoso. Ada 11 sikap dan Pandangan FPKB yang dibacakan oleh juru bicara fraksi PKB Suhartatik, menyikapi nota penjelasan Bupati tentang rancangan peraturan daerah, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018.

Meskipun Kabupaten Bondowoso mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 7 kalinya dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, hal itu dinilai bukan jaminan oleh FPKB bahwa pada pelaksaaan program tahun 2018 sudah sesuai dengan rencana dan dilaksanakan secara benar. Terbukti, masih dijumpai dari beberapa OPD mendapatkan catatan dari BPK -RI, seperti kelebihan pembayaran yang mengharuskan rekanan atau OPD wajib mengembalikan ke kas daerah.

” Dalam catatan kami, kelebihan pembayaran itu terjadi pada 5 OPD. Ini menandakan masih ada kelemahan perencanaan dan pengawasan yang dilakukan. Baik dari konsultan maupun oleh pengawas lapangan bahkan oleh inspektorat itu sendiri,” kata Suhartaik saat membacakan PU fraksi PKB di Gedung DPRD, Selasa (11/6).

FPKB menilai, kelebihan pembayaran itu tidak bisa dilihat sebagai kekeliruan administrasi keuangan semata. Akan tetapi, sudah kepada kerugian yang dirasakan oleh masyarakat, dimana masyarakat sudah tidak secara utuh menerima manfaat dari hasil pembangunan.

“Kami yakin bahwa terjadinya kelebihan pembayaran ini sebenarnya disebabkan adanya item pekerjaan yang tidak dikerjakan atau bahkan kekurangan volume. Mohon penjelasannya !,” ujar Suhartatik.

Ke 5 OPD yang dinilai memiliki kelebihan pembayaran diantaranya, Dinas Pekerjaan  Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP), Bagian Umum Sekretariatan Pemerintah Daerah, Rumah Sakit Umum Dr. Koesnadi dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

SHODIQ

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *