9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan


RadarOnline.id, JAKARTA – Tahukah anda? Kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kacang Hijau (nama ilmiah adalah Vigna radiate) dalam bahasa Inggris disebut Mung Bean atau Green Gram merupakan sumber makanan berprotein nabati tinggi yang dapat dijadikan berbagai hidangan seperti aneka kue, bubur kacang hijau dan toge.

Kacang hijau adalah sejenis palawija dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau diyakini berasal dari India telah banyak dibudidaya di berbagai negara seperti Tiongkok, Korea, India, Pakistan, Bangladesh, Nepal Srilanka, Indonesia, Thailand, Myanmar, Malaysia, Filipina dan  Amerika Selatan.

Tak hanya kolak pisang, bubur kacang hijau salah satu olahan makanan sumber protein menjadi santapan pilihan saat berbuka puasa.  

Berikut manfaat kesehatan dari mengkonsumsi kacang hijau seperti dikutip dari Joyday, diantaranya:

1. Melancarkan Pencernaan
Kacang hijau memiliki kandungan serat makanan dan pati yang dapat membantu memperlancar pencernaan serta membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat dalam saluran cerna. Penting bagi orang yang berpuasa untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar, terutama karena ada perbedaan dengan jam makan sehari-hari.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Terdapat kandungan antioksidan serta nutrisi bersifat antiradang pada kacang hijau. Kedua kandungan ini membantu menurunkan tekanan darah dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu,antioksidan pada kacang hijau juga dapat mengurangi kolesterol LDL yang meningkatkan kemungkinan menderita penyakit jantung.

3. Membantu Menjaga Berat Badan
Kandungan serat dan protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu membuat perut kenyang dengan lebih cepat dan lebih lama. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol nafsu makan dan tidak mengonsumsi makanan berlebih terutama saat berbuka puasa.

4. Membantu Mencegah Pitam Panas (heatstroke)
Bagi orang yang tinggal di daerah dengan udara tropis dan panas seperti Indonesia, sangat baik untuk mengonsumsi kacang hijau karena kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terbentuk saat pitam panas.

5.  Mengendalikan Tekanan Darah

Nutrisi atau Gizi yang ditemukan pada Kacang Hijau memiliki kemampuan untuk melawan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dipublikasikan di Chemistry Central Journal menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau menurunkan tingkat tekanan darah sistolik pada tikus. Para peneliti melaporkan bahwa efek anti-hipertensi kacang hijau ini dapat menurunkan risiko konstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui bahwa konstriksi atau penyempitan pembuluh darah merupakan penyebab naiknya tekanan darah atau hipertensi.

6.  Mencegah Penyakit Kanker

Kacang hijau memiliki jumlah polifenol dan oligosakarida tinggi yang membantu mencegah perkembangan sel kanker. Studi klinis juga menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki sifat anti-tumor yang dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel-sel berbahaya yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker.

Penelitian yang dilakukan oleh College of Food Science dan Nutritional Engineering di China Agricultural University melaporkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Flavonoid seperti vitexin dan isovitexin yang dikandung oleh kacang hijau dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan terbentuknya sel kanker.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang Hijau mengandung Fitonutrien atau zat kimia alami yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan anti-mikrobia sehingga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal pilek, iritasi, virus, bakteri berbahaya dan lain sebagainya. Kacang hijau juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi atau gizi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan.

8. Mengurangi Sindrom Pra-Haid (Pre-menstrual Syndrome/PMS)

Vitamin B6 dan Folat yang membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang menyebabkan gejala PMS atau Sindrom Pra-Haid. Mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram PMS, perubahan suasana hati, sakit kepala, nyeri otot dan kelelahan.

9. Mencegah Diabetas Tipe-2

Beberapa bukti menunjukan nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau memiliki efek anti-diabetes yang membantu untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian yang dilakukan oleh The Institute of Crop Sciences menunjukkan bahwa glukosa darah, glukagon, plasma C-peptida, tingkat trigliserida dan kolesterol total akan menurun ketika suplemen kacang hijau diberikan kepada tikus. Pada saat yang sama, toleransi terhadap glokosa juga meningkat dengan peningkatan respon tubuh terhadap insulin.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Hijau dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Hijau ini dirangkum dari berbagai sumber.

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *