Pungli PTSL Desa Kramat Capai Angka Puluhan Miliar

Pungli PTSL Desa Kramat Capai Angka Puluhan Miliar

RadarOnline.id, TANGERANG – Pungutan liar (pungli) pada Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Pungutan yang jelas dan terang telah melanggar Inpres No.2 Tahun 2018 dan SKB 3 Menteri tentang Pembiayaan PTSL.

Informasi yang diperoleh dari warga setempat, pungutan tersebut berada pada kisaran 2 hingga 3 juta rupiah per bidang atau per sertifikat.
” Dikenakan biaya Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Beda-beda sih. Gak tahu apa alasannya,” ungkap warga Kp. Kramat pekan lalu kepada radaronline.id.

Dia menambahkan bahwa uang pungutan tersebut tidak dijelaskan untuk keperluan apa oleh aparat desa. “Tidak dijelaskan untuk apa untuk apa itu. Yah.. untuk mereka merekalah itu. Mungkin juga untuk orang atasan juga. Tapi gak tahulah,” katanya.

Kepala Desa Kramat, H. Nuralam hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi. Beberapa kali radaronline.id berupaya menemuinya ke Kantor Desa, dia tidak berada di tempat.

JUARA SIMANJUNTAK

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *