PPK Bersama PPS Menuntut KPU Bondowoso Segera Cairkan Honor

PPK Bersama PPS Menuntut KPU Bondowoso Segera Cairkan Honor


RadarOnline.id, BONDOWOSO – Sejumlah Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Bondowoso mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kedatangan mereka menuntut hak penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) segera dibayar.

Koordinator aksi Abduh Efendi mengemukakan, ada beberapa permasalahan terkait dengan hak penyelenggara, sehingga PPK dan PPS mendatangi KPU. Seperti, terjadi loncatan bulan proses pencairan hak penyelenggara yang dilakukan oleh KPU.

” Hak penyelenggara yang belum dicairakan bervariasi. Ada yang Januari sampai dengan April, ada yang maret sampai dengan April. Ironisnya, ketika anggaran itu didistribusikan oleh pihak KPU, terjadi loncatan bulan. Bulan Maret yang seharusnya menjadi rentetan proses pencairan, malah Bulan April yang dicairkan,” kata Abduh saat mendatangi kantor KPU, Senin (13/5).

Pada bulan Maret, lanjut Abduh, terjadi lonjakan kebutuhan akomudasi berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan pemilihan. Semestinya, pada bulan itu anggaran bisa dicarikan oleh pihak KPU. Namun, proses pencairan tidak kunjung dilakukan. Sehingga, penyelenggara ditingkat Kecamatan melakukan talangan terkait dengan kebutuhan penyelenggaraan.

” Kawan – kawan dibawah melakukan talangan pada bulan maret, untuk mensukseskan pemilihan. Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan terkait proses pencairan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, ketua KPU Bondowoso Hairul Anam menjelaskan, ada kendala sehingga proses pencairan honor PPK dan PPS terganjal. Permasalahan itu pada Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dimasing – masing Kecamatan. Menurutnya, SPJ hal yang wajib untuk diselesaikan oleh PPK.

“Kita masih berupaya untuk memecahkan bersama, kendala yang dialami oleh PPK dan PPS. Dalam waktu dekat, kami segera agendakan untuk membahas kendala SPJ. Masih banyak PPK dan PPS yang belum bisa menyelesaikan kewajiban itu,” terang Anam.

SHODIQ

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *